Home Info Agribisnis Peternakan Manajemen Pemeliharaan Ternak Ayam Kampung

Manajemen Pemeliharaan Ternak Ayam Kampung

1165
0
SHARE
ayam-kampung

Industri Peternakan Tanah Air semakin berkembang pesat. Sudah banyak kalangan masyarakat yang menekuni bisnis usaha ternak. Salah satunya adalah usaha ternak ayam kampung. Permintaan daging ayam yang tinggi membuat usaha ternak ayam kampung semakin menjanjikan. Selain itu dalam ternak ayam kampung, bukan hanya dagingnya yang di ambil melainkan banyak juga yang memanfaatkan telurnya untuk dipasarkan.

Dalam ternak ayam kampung banyak yang perlu diperhatikan agar hasil panen yang dihasilkan bisa memuaskan. Seperti pemberian pakan, perawatan kandang, hingga pencegahan terhadap penyakit. Sebab ketiga hal tersebut sangat mempengaruhi perkembangan ayam kampung. Sehingga bagi para peternak yang masih pemula perlu memperhatikan beberapa hal dalam pemeliharaan ayam kampung.

Pemeliharaan Ayam Kampung

Ayam kampung adalah ayam lokal asli. Ada beberapa jenis ayam kampung seperti ayam kutai dan ayam arab. kini banyak ditemukan ayam kampung hasil persilangan untuk meningkatkan produktifitasnya. Ayam kampung memiliki kelebihan dibandingkan dengan ayam lain yaitu cukup kuat terhadap penyakit. Dalam mendapatkan ayam kampung bisa diperoleh dari membeli telur atau Day Old Chicken (DOC). Bila membeli bibit DOC kita harus teliti jangan membeli yang tidak sehat. DOC baik memiliki ciri ciri antara lain, tidak cacat, berdiri tegap, mata bersinar, pusar terserap sempurna, dan bulu bersih.

Dalam beternak ayam kampung biasanya para peternak akan membedakan antara ayam pedaging dan ayam petelur. Ayam kampung petelur memiliki produktifitas yang rendah yaitu 115 butir per tahun. Ayam kampung juga bisa produktif asal mendapatkan perlakuan dan pemberian pakan yang tepat.

Dalam pemeliharaan ternak ayam kampung, sebaiknya jangan dikurung selama 24 jam penuh, dalam pemberian pakan, jangan diberikan pakan pabrik saja. Sebab jika ayam kampung hanya di kurung terus menerus tentu harus diberikan pakan buatan secara menerus sehingga akan menghambat proses pertumbuhannya. Ada baiknya ayam kampung diberikan juga pakan alami namun kebutuhan protein untuk ayam tetap terjaga.

Selain itu, pemberian vitamin sangat penting dilakukan agar ayam tetap sehat. Bukan hanya itu, kebersihan kandang perlu diperhatikan. Ada baiknya peternak rutin membersihkan kandang. Sehingga pencegahan penyakit bisa di antisipasi dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here