Mengenal Sapi Brahman dalam Usaha Ternak Sapi

Mengenal Sapi Brahman dalam Usaha Ternak Sapi

4658
0
SHARE
Sapi Brahman Terbesar di Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan sapi Brahman ini, sapi potong jenis ini merupakan salah satu jenis sapi terbaik dalam hal sapi potong. Tentu saja sapi ini adalah saingan dari sapi populer lainnya yaitu sapi limosin dan sapi bali. Dari namanya saja sudah bisa kita ketahui bahwa sapi ini merupakan asli dari India. Sapi Brahman merupakan hasil dari peranakan sapi zebu terbaru yang juga dari India. Sapi ini kemudian mengalami pengembangan lebih lanjut di peternakan Amerika. Pada awalnya sapi ini sendiri memiliki tubuh yang biasa saja dan tidak gemuk, namun melalui perkembangan lanjut yang dilakukan di Amerika ini menghasilkan jenis sapi brahman yang besar dan gemuk dan setelah mendapatkan postur tubuh yang dirasa ideal, maka kegiatan pengiriman sapi ini di pasar komoditas seluruh dunia menjadi ramai, termasuk juga di Indonesia.

Ciri Ciri Sapi Brahman

Tak lengkap jika kita membahas mengenai sapi Brahman tanpa mengetahui ciri cirinya, ciri sapi Brahman itu sendiri memiliki punuk yang besar dan juga kulit yang menjuntai lebar. Anda bisa melihat sapi ini dengan gelambir yang berada di bawah kepala terlihat sangat besar dan juga lebar. Sedangkan dari ukuran tubuh sapi ini sendiri memiliki ukuran yang sangat besar. Bisa menandingi ukuran tubuh dari sapi limousin dari berat dan juga karkasnya. Apalagi jika anda bandingkan dengan sapi sapi lokalan seperti sapi Bali dan juga sapi Madura, akan terasa sangat jauh perbedaannya. Jika anda berpikir bahwa sapi lokal memiliki berat 500kg anda sudah sangat kagum, anda akan lebih takjub lagi dengan ukuran Sapi Brahman. Ya, sapi ini dapat mencapai ukuran berat tubuh sebanyak 1 ton. Jadi karena berat yang sangat besar inilah bisa dibilang Sapi Brahman merupakan salah satu sapi terbaik dalam bisnis ternak sapi. Lalu keuntungan lain dari Sapi Brahman ini sendiri adalah dimana sapi ini memiliki kualitas daya tahan tubuh yang baik. Anda mungkin berpikir apabila sapi ini memiliki daya ketahanan tubuh yang buruk jika dibandingkan dengan sapi lokal, tapi nyatanya tidak, sapi ini memiliki daya tahan tubuh yang justru sangat baik jika dibandingkan dengan sapi lokalan. Keuntungan lainnya, anda bisa menggemukkan sapi Brahman ini dengan kualitas pakan yang biasa biasa saja atau bahkan rendah, tapi jangan pernah membiasakan ternak sapi dengan menggunakan kualitas rendahan, nyatanya dengan pakan kualitas terbaik, maka anda bisa mendapatkan kualitas Sapi Brahman terbaik untuk usaha peternakan sapi anda. Aspek lain dari ketahanan tubuh yang baik bagi Sapi ini adalah sapi brahman memiliki ketahanan tubuh yang baik dari penyakit umum seperti caplak yang biasa menyerang sapi sapi impor di Indonesia.

Sapi Brahman dengan Kualitas Terbaik

Jenis Jenis Sapi Brahman

Sapi Brahman Amerika

Sapi Brahman Amerika adalah salah satu jenis sapi Brahman yang unggul dan menjadi favorit para peternak saat ini. Negara negara pengimpor terbanyak sapi jenis ini adalah Eropa dan juga Australia. Sapi ini menurut para peternak layak dijadikan persilangan atau sapi cross di berbagai belahan negara di dunia. Para peternak yakin akan kualitas dari Sapi Brahman Amerika ini terutama dari segi kualitas daging dan juga daya tahan tubuh yang baik jika dibandingkan dengan sapi manapun. Adapun kepopuleran sapi Brahman Amerika ini pertama kali ditelusuri saat pada tahun 1850-an dimana ada seorang peternak dari Amerika yang berhasil mencoba melahirkan sapi brahman dengan kualitas unggul, sehingga dapat dibilang itu adalah keberhasilan membudidayakan sapi Brahman paling sukses sepanjang sejarah di dunia. Anda bisa bayangkan bahwa sapi dengan jenis anakan F-1 dan juga betina dari Sapi Brahman menjadi salah stu hal yang diperebutkan disana-sini. Sementara di Indonesia sendiri, anda akan sulit menemukan sapi dengan kualitas Brahman ini. Berat badan maksimal dari sapi Brahman asli dari Amerika sendiri bisa mencapai 1,1 ton untuk pejantan dan juga 700kg untuk berat betinanya. Tetapi hingga kini tidak ada yang mencoba memecahkan rekor atau mendaftarkan sapi brahmannya sebagai sapi dengan berat badan yang terbesar di dunia.

Sapi Brahman Cross

Dari Sapi Brahman Amerika yang telah menuai kesuksesan disana-sini, muncul pula variasi lain dari Sapi Brahman ini di Australia. Sapi Brahman Cross atau yang biasa disebut dengan sapi BX merupakan hasil persilangan Sapi Brahman Amerika dengan sapi sapi dari Australia yang memiliki jenis Hereford dan Shorthorn. Selain kedua jenis tadi, terdapat peternak lain yang mencoba menyilangkan sapi brahman dengan varietas sapi Droughmaster. Para peternak di Australia ini sendiri mencoba peruntungannya dengan mencoba menyilangkan sapi brahman dengan varietas lainnya agar bisa mendapatkan manfaat dari darah sapi Brahman yang sangat baik sehingga anakan hasilnya dapat mencapai tingkat 80% tingkat kemiripan dengan sapi brahman Amerika itu. Adapun proses ini meliputi pengambilan darah sapi brahman yang diternak dan bertujuan supaya anakan nantinya dapat memiliki karakter yang sama dengan sapi Brahman dan juga bisa tahan terhadap segala kondisi alam, selain itu juga bisa memiliki daya tahan tubuh terhadap penyakit yang tidak bisa terbantahkan.

Seputar Harga Sapi Brahman Amerika dan Sapi Brahman BX

Anda yang penasaran berapakah harga pasaran dari Sapi Brahman Amerika dan sapi BX ini sendiri, disini akan diberikan daftar harga kisarannya saja dikarenakan harga tepatnya adalah tergantung dari si peternak tersebut dalam pengembangan sapi Brahman dan juga berbagai aspek lain seperti persilangan dan juga peternak itu sendiri. Berikut adalah tabel harga sapi Brahman Bibit dan Dewasa :

Daftar Harga Sapi Brahman Terkini dan Terupdate
Jenis Sapi Brahman Harga Sapi Brahman Keterangan
Bibit Sapi Brahman (BX) Rp. 16.000.000,- s/d Rp. 18.000.000,- Bakalan bobot 200 – 400kg sampai umur 2 tahun
Sapi Brahman Dewasa Rp. 35.000.000,- s/d Rp. 40.000.000,- Usia Siap Potong

Begitu saja ulasan seputar Sapi Brahman kali ini, untuk selanjutnya anda bisa menikmati sajian kami lainnya dengan mengupas jenis jenis sapi, cara menggemukkan sapi dan berbisnis ternak sapi yang benar.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY