Penyimpanan Makanan Ternak Sangat Mempengaruhi Kualitas

Penyimpanan Makanan Ternak Sangat Mempengaruhi Kualitas

1179
0
SHARE

Dalam dunia ternak, pakan ternak memang sangat memiliki peranan penting terutama untuk meningkatkan produktivitas hewan ternak. Jika dilihat dari kualitas pakan ternak yang diberikan akan sangat berpengaruh terhadap tingkat produksi ternak, sehingga dari segi penyimpanan pakan pun harus diperhatikan untuk menjaga kualitas pakan.

Penyimpanan pakan merupakan salah satu bentuk untuk mempertahankan dan menjaga kualitas pakan yang akan diberikan terhadap hewan ternak. Banyak cara yang bisa dilakukan dalam proses penyimpanan pakan ternak untuk tetap menjaga kualitas dari pakan ternak itu sendiri.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kualitas dari penyimpanan pakan ternak diantaranya.

  1. Jenis pakan yang digunakan
  2. Lama waktu penyimpanan
  3. Metode dalam proses penyimpanan
  4. Tempratur suhu ruangan dan kelembapan udara yang digunakan sebagai tempat penyimpanan

Cara Penyimpanan Pakan Ternak

  • Untuk proses penyimpanan pakan ternak sendiri usahakan di tempatkan yang kering dan dengan temperatur suhu 300C – 340C memiliki ventilasi dan terhindar dari sinar matahari secara langsung.
  • Dalam tempat penyimpanan tersebut harus steril dan menghindari masuknya hama, burung, tikus, kecoa, tikus, kutu serta serangga dan hewan lainnya
  • Cegah gudang menjadi tempat berkembang biaknya kuman seperti jamur yang dapat memproduksi racun yang biasa dikenal dengan mikotoksin. Jika sudah terkena racun bisa membuat ternak akan mengalami keracunan bahkan sampai mengalami kematian

Dengan bisa menjaga kualitas pakan ternak di usahakan mampu memberikan kualitas yang baik untuk hewan ternak. Sehingga mampu memberikan hasil yang maksimal dengan kualitas yang terjaga.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY