Home Info Agribisnis Sagu Riau Tembus 246.000 Ton Per Tahun

Sagu Riau Tembus 246.000 Ton Per Tahun

284
0
SHARE

Dalam unggahan Badan Ketahanan Pangan yang ada di Provinsi Riau menginfokan kalau produksi tanaman sagu dalam daerah itu saat ini mampu mencapai target 246.000 ton/tahun. Dimana hasil ini dari total 87.000 hektar lahan yang ada disana.

“Sejauh ini tanaman sagu memang sudah dikelola pihak perusahaan serta juga rakyat secara mandiri, beberapa kabupaten disana juga sudah mampu mengembangkan sagu dengan hasil yang sangat bagus.” ungkap  Darmansyah selaku Kepala Badan Ketahanan Pangan yang ada di Provinsi Riau.

Sejauh ini daerah yang ada di Riau kala sukses memproduksi sagu yakni ada di kawasan Kab. Kepulauan Meranti, Kab. Bengkalis serta juga di Indragiri Hilir.

Dalam jangka panjang, Gubernur Riau yakni Arsyadjuliandi Rachman menganjurkan kalau tanaman sagu bakalan akan terus dikembangkan serta bahkan akan dibudidayakan menjadi salah satu potensi bahan pangan yang ada di kawasan Riau.

“Saat ini memang bahan pangan yang ada di Riau juga didukung dari provinsi tetangga semisal Sumatera Utara dan juga Sumatera Barat,” katanya.

“Kalau nantinya kebutuhan pangan di wilayah provinsi tetangga juga mengalami peningkatan, kami pikir kami akan juga bisa memenuhinya, kami akan berkoordinasi dengan kabupaten dan kota tetangga dalam memasarkan hasil bumi kami, tak lupa mengembangkan juga tanaman sagu,” imbuhnya.

Arsyadjuliandi Rachman dalam pertemuan itu juga mengatakan kalau sampai hari ini sudah tersedia 32 outlet kala menyajikan ragam kuliner dengan bahan utama sagu.

“Sagu begitu baik buat kesehatan, kedepan angka konsumsi sagu akan naik dan produk Riau akan mencukupinya.” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here