Home Info Agribisnis Peternakan Usaha Ternak Ayam Potong

Usaha Ternak Ayam Potong

2022
2
SHARE

Meraih sukses dalam bisnis di dunia ternak memang memiliki kesempatan yang besar. terutama usaha ternak ayam. Usaha ternak saat ini sudah sangat menggiurkan karena permintaan pasar sangat tinggi, terutama ternak ayam.

Karena ayam merupakan salah satu makanan konsumsi yang sangat di gemari oleh masyarakat indonesia.

Saat ini yang paling menggiurkan adalah usaha ternak ayam potong. Karena permintaan pasar terhadap daging ayam sangat lah tinggi. sehingga usaha ternak ayam potong sangat menjanjikan, selain itu proses beternak ayam tidak terlalu sulit.

Hal yang perlu diperhatikan adalah pakan ternak. Karena pakan ternak menunjang pertumbuhan hewan terutama ayam potong.

Pakan Ternak ayam

Pakan mempunyai kontribusi sebesar 30% dalam keberhasilan suatu usaha. terutama untuk pakan ternak ayam. Pakan ternak untuk ayam sangat perlu diperhatikan karena hal itu untuk membantu pertumbuhan ayam agar memiliki daging yang besar dan ayam tidak kekurangan gizi.

Hal yang perlu dalam memberikan pakan ternak ayam adalah dengan tetap memperhatikan kebutuhan nutrisi ayam kampung yaitu protein kasar (PK) sebesar 12% dan energi metabolis (EM) sebesar 2500 Kkal/kg.

Jumlah pakan yang diberikan sesuai tingkatan umur adalah sebagai berikut :

  • 7 gram/per hari sampai umur 1 minggu
  • 19 gram/per hari sampai umur 2 minggu
  • 34 gram/per hari sampai umur 3 minggu
  • 47 gram/per hari sampai umur 4 minggu
  • 58 gram/per hari sampai umur 5 minggu
  • 66 gram/per hari sampai umur 6 minggu
  • 72 gram/per hari sampai umur 7 minggu
  • 74 gram/per hari sampai umur 8 minggu

 

kandang usaha ternak Ayam

Kandang untuk ternak ayam harus memenuhi kriteria yang baik. jarak kandang dengan permukiman minimal 5 m, tidak lembab, sinar matahari pagi dapat masuk dan sirkulasi udara cukup baik.

Dalam ukuran kandang, tidak memiliki standar yang baku. Namun Yang perlu diperhatikan adalah daya tampung atau kapasitas kandang, dan juga tingkat suhu perlu untuk diperhatikan.

Dibawah ini adalah Tabel Tingkat suhu dalam beternak ayam

Umur (hari) Suhu (°C) Kelembaban (%)
1 32-29 60-70
3 30-27 60-70
6 28-25 60-70
9 27-25 60-70
12 26-25 60-70
≥ 15 24-25 60-70

Cara memelihara ternak ayam potong

dalam pemeliharaan ternak ayam potong banyak yang perlu diperhatikan. Hal tersebut agar bisa mengahsilkan ternak ayam potong yang berkualitas dan juga agar tetap bisa memberikan keuntungan dalam usaa ternak ayam potong. Cara mudah memelihara ternak ayam potong

Kebersihan kandangayam-1
Kandang untuk ternak ayam perlu di jaga dan disterilkan. Usahakan rutin dalam membersihkan kandang ternak, hal itu bertujuan untuk menghindari virus penyakit yang datang dari kandang yang kotor

Pemberian pakanayam-2
Dalam melakukan pemberian pakan untuk ternak. Harus rutin dilakukan agar hewan ternak di gampang sakit dan berikan juga sejumlah vitamin agar hewan ternak tetap sehat.

Memberikan vitaminayam-3
Kini sudah ada vitamin yang bisa digunakan untuk unggas. Pemberian vitamin sangat penting untuk hewan ternak agar bisa terhindar dari berbagai macam penyakit seperti flu burung.

2 COMMENTS

    • meskipun sudah banyak sekali yang melakukannya, peluang bisnis ayam potong masih diperlukan, karena kebutuhannya terutama utk usaha kuliner yang saat ini sedang trend di masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here