Home Info Agribisnis Peternakan 3 Cara penyembelihan Hewan Qurban Di Masa Pandemi

3 Cara penyembelihan Hewan Qurban Di Masa Pandemi

189
0
SHARE

Idul adha merupakan hari raya penyembelihan hewan qurban bagi umat ber-agama islam yang dilaksanakan setiap 1 tahun sekali. Pada tahun 2021 ini, perayaan idul adha terlaksana bertepatan dengan ditetapkannya PPKM darurat yang diliaksanakan hingga tanggal 20 juli 2021 mendatang. Untuk itu, pemerintah telah mengatur prosesi yang akan dilakukan pada saat penyembelihan hewan qurban di masa pandemi saat ini.

Peraturan mengenai tata cara dan prosesi pemotongan hewan qurban pada masa PPKM tahun ini tertuang pada Surat Edaran Menteri Agama no.17 th.2021 yang dimana surat ini juga menginstruksi kan bahwa pemotongan hewan harus dilakukan melalui Rumah Pemotongan Hewan Ruminasia atau biasa disebut RPH-R. 

Berikut ini beberapa poin yang harus di perhatikan oleh tempat pemotongan diluar RPH-R :

  1. Physical Distancing (Menjaga Jarak)
Simak Juga:  Mengolah Sarang Burung Walet Menjadi Bisnis Yang Menjanjikan

Setiap pemotongan hewan di haruskan dilakukan untuk dilakukan dilokasi yang luas, agar Physical Distancing dapat di terapkan antar petugas, baik petugas pada saat melakukan pemotongan, pengulitan, ataupun pencacahan. Proses pemotongan hewan qurban juga tidak boleh dihadiri selain petugas yang bertugas untuk melakukan pemotongan hewan qurban.

  1. Pelaksanaan Prokes Kepada petugas

Setiap petugas pemotongan hewan qurban diharapkan bisa menjaga prokes selama melakukan prosesi pemotongan hewan, seperti menggunakan hand sanitizer sebelum menyentuh area mua, mengurangi kontak fisik, dan menggunakan masker pada saat bertugas. Dan langsung mandi sebelum bertemu dengan keluarga

  1. Menjaga Kebersihan Alat

Di Masa pandemi seperti ini, kebersihan alat yang digunakan juga sangat penting diperhatikan, diharapkan petugas bisa membersihkan menggunakan desinfektan sebelum menggunkan dan sesudah menggunakan alat pemotong. Selain itu, penting untuk menerapkan satu orang satu alat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here