Home Info Agribisnis Aksi Bersih Taman Margasatwa oleh PATELKI

Aksi Bersih Taman Margasatwa oleh PATELKI

3
SHARE
Taman Margasatwa Ragunan

Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-38, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perhimpunan Ahli Teknologi Lingkungan Indonesia (Patelki) DKI Jakarta menggelar aksi bersih sampah di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, pada Minggu (26/2/2023). Kegiatan ini diikuti oleh ratusan anggota Patelki DKI Jakarta dan masyarakat umum. Ketua DPW Patelki DKI Jakarta, Dr. Ir. Sri Mulyani, M.Sc., mengatakan bahwa aksi bersih sampah ini merupakan wujud kepedulian Patelki DKI Jakarta terhadap lingkungan, khususnya di kawasan Taman Margasatwa Ragunan.

“Taman Margasatwa Ragunan merupakan salah satu paru-paru kota Jakarta. Kita harus menjaga kebersihannya agar tetap asri dan nyaman bagi pengunjung dan satwa yang ada di dalamnya,” ujar Sri Mulyani.

Dalam aksi bersih sampah ini, para peserta membersihkan sampah-sampah yang berserakan di area taman, seperti di sekitar kandang satwa, area bermain anak, dan area piknik. Sampah-sampah yang terkumpul kemudian dipilah dan diangkut ke tempat pembuangan akhir.

Simak Juga:  Komitmen BPN Sulteng Membangun Kesejahteraan Warga dengan Agraria

Pemberian Edukasi Kepada Masyarakat

Selain aksi bersih sampah, DPW Patelki DKI Jakarta juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Edukasi ini disampaikan melalui spanduk, poster, dan penyuluhan langsung kepada pengunjung taman.

Sri Mulyani berharap, aksi bersih sampah ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Ia juga berharap, kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi organisasi dan komunitas lain untuk turut peduli terhadap lingkungan.

“Kita harus terus berupaya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab kita semua,” kata Sri Mulyani.

Mendapatkan Apresiasi dari Pihak Taman Margasatwa

Aksi bersih sampah ini mendapat apresiasi dari pengelola Taman Margasatwa Ragunan. Kepala Satuan Pelaksana Unit Taman Margasatwa Ragunan, Endah Rumiyati, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat membantu dalam menjaga kebersihan taman.

Simak Juga:  Daun Kelor, Memiliki Banyak Manfaat Bagi Tubuh Kita

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ini sangat membantu kami dalam menjaga kebersihan taman,” ujar Endah.

Endah berharap, kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan. Ia juga mengajak masyarakat untuk turut menjaga kebersihan Taman Margasatwa Ragunan.

“Mari kita jaga kebersihan Taman Margasatwa Ragunan bersama-sama. Ini adalah tanggung jawab kita semua,” kata Endah.

Aksi bersih sampah ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan DPW Patelki DKI Jakarta dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-38. Selain aksi bersih sampah, DPW Patelki DKI Jakarta juga menggelar seminar, workshop, dan bakti sosial.

[Sumber]