Home Bisnis & Wirausaha Inilah Yang Lebih Menguntungkan Antara Dropshipper Atau Reseller Bagi Pemula

Inilah Yang Lebih Menguntungkan Antara Dropshipper Atau Reseller Bagi Pemula

39
0
SHARE
Foto Doc. Layanan Darurat Covid-19

Dropshipper dan Reseller merupakan pilihan yang paling favorit bagi pemula pada saat ini. Selain lebih mudah dalam mengelolanya, Dropshipper dan Reseller juga relatif memiliki modal yang cukup rendah.

Adanya kemajuan teknologi juga menjadi salah satu faktor berkembangnya bisnis online. Bisnis online tersebut termasuk pelaku usaha lama dan pelaku usaha baru yang mulai menggunakan online shop. Dropshipper dan Reseller termasuk ke dalamnya namun memiliki pengelolaan yang berbeda.

Dropshipper dan Reseller merupakan sistem transaksi atas kerja sama produsen dan kita (pelaku usaha) sebagai distributor dengan modal yang minim. Usaha ini juga sangat memanfaatkan media internet sebagai ajang promosi dan transaksi sehingga pengelolaannya cukup mudah. Selain itu, kita dapat membuat logo dan web sebagai tambahan dalam branding awareness pada produk yang akan kita tawarkan pada masyarakat.

Perbedaan keduanya hanya pada besaran modal dan cara kerja. Modal menjadi Dropshipper hanyalah modal operasional seperti internet, pulsa, telepon, dll. Modal untuk membeli produk sangat tidak diperlukan karena cara kerja Dropshipper adalah menjadi jembatan antara produsen dengan pembeli. Kita sebagai Dropshipper akan melakukan promosi produk menggunakan web atau akun media yang telah kita buat, kemudian ketika ada pembeli, kita hanya perlu menghubungi produsen untuk mengirim barang pada pembeli.

Sementara itu, Reseller memiliki modal yang lebih besar namun tidak terlalu besar jika kita mampu mengaturnya dengan baik. Sebagai Reseller kita harus membeli produk terlebih dahulu kepada produsen sebelum dijual kembali kepada pembeli.

Berdasarkan hal tersebut, Reseller tentu lebih menguntungkan daripada Dropshipper. Hal ini dikarenakan Reseller membeli produk dengan harga termurah dan dapat menentukan sendiri harga jualnya. Sedangkan Dropshipper hanya mendapatkan komisi dari hasil penjualannya.

Demikianlah pembahasan mengenai Reseller dan Dropshipper, meski lebih menguntungkan menjadi Reseller, Dropshipper juga dapat menjadi pilihan yang tepat apabila tidak mempunyai modal dan dapat dijadikan batu loncatan untuk mengumpulkan dana dan menjadi Reseller.

 

Simak Juga:  Gagasan Bisnis Pertanian Masa Depan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here