Home Investasi Peluang Investasi 5 Tips Investasi Emas Bagi Pemula

5 Tips Investasi Emas Bagi Pemula

185
0
SHARE
Foto Doc. DPMPTSP Provinsi Banten

Emas kini tidak hanya populer sebagai perhiasan namun juga dapat dijadikan sebagai barang investasi yang sangat menguntungkan. keuntungan dalam berinvestasi emas adalah mudah dicairkan dan harganya yang stabil cenderung naik. Mudah dicairkan artinya emas dapat dicairkan dalam bentuk uang tunai dengan cepat dibandingkan investasi lainnya seperti tanah dan rumah.

Selain itu, emas juga memiliki harga pasar yang stabil cenderung mengalami kenaikan apalagi jika suatu saat terjadi inflasi atau krisis ekonomi, harga emas melambung tinggi berbanding terbalik dengan investasi uang tunai pada tabungan dsb.

Oleh karena itu, investasi emas sangat direkomendasikan untuk seluruh masyarakat yang ingin berinvestasi bahkan untuk pemula sekalipun. Bagi pemula yang akan berinvestasi emas, disarankan untuk mengikuti tips-tips berikut ini agar investasi berjalan aman.

  1. Tentukan Tujuan Investasi

Menentukan sebuah tujuan dalam berinvestasi apapun termasuk emas sangat penting. Tujuan dalam berinvestasi emas tentunya sangat banyak seperti tabungan pendidikan, pernikahan, hari tua, atau membuka usaha Hal tersebut akan menentukan besaran emas yang akan diinvestasikan setiap bulannya.

  1. Ikuti Perkembangan Emas Secara Berkala

Investasi emas tentu harus diikuti dengan pemantauan harga emas secara berkala. Hal ini dilakukan untuk mengetahui harga emas apakah melambung tinggi atau terjadi penurunan sehingga kita dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual emas.

  1. Mengetahui Tempat Pembelian Emas

Dalam melakukan pembelian emas, yang perlu diperhatikan adalah apakah emas dilengkapi oleh sertifikat atau surat-surat atau tidak. Investasi emas sangat dianjurkan untuk membeli emas yang memiliki surat atau sertifikat agar lebih aman dan terpercaya ketika akan menjualnya kembali. Oleh karena itu, mengetahui pembelian emas yang resmi adalah cara yang penting dalam berinvestasi emas.

  1. Perhatikan Tempat Penyimpanan Emas

Tips selanjutnya adalah memperhatikan dan mengetahui tempat penyimpanan emas yang aman. Penyimpanan emas yang aman dan paling mudah adalah menyimpan emas dalam brankas atau safety box. Selain itu, emas juga dapat disimpan Safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan pihak bank dan tentunya terdapat biaya tambahan.

  1. Investasi Jangka Panjang

Terakhir, investasi emas sebaiknya dilakukan untuk investasi jangka panjang 10-15 tahun ke depan. Investasi emas akan lebih terasa setelah 5-10 tahun mendatang. Oleh karena itu emas sangat cocok bagi investasi jangka panjang.

Simak Juga:  Inilah Yang Lebih Menguntungkan Antara Dropshipper Atau Reseller Bagi Pemula

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here