Home Bisnis & Wirausaha 4 Jenis Usaha Peternakan yang Cocok untuk Pemula

4 Jenis Usaha Peternakan yang Cocok untuk Pemula

38
SHARE
informasi agribisnis terkini

Kondisi pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap perekonomian beberapa orang. Tingginya jumlah PHK dan semakin sedikitnya tenaga serap karyawan di suatu perusahaan, menjadi alasan kunci mengapa banyak masyarakat yang terdampak secara ekonomi oleh adanya  pandemi dan diharuskan untuk mulai menggeluti Jenis usaha yang cocok untuk pemula.

Kebutuhan hidup yang harus terus berlanjut di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, dimana mobilitas di ruang publik sangat dibatasi, mengharuskan masyarakat untuk berfikir kreatif dan masuk ke dalam dunia bisnis. salah satu yang bisa menjadi opsi  adalah dengan memulai jenis usaha peternakan yang cocok untuk pemula

Bisnis peternakan merupakan salah satu jenis usaha yang menjanjikan untuk mendatangkan keuntungan. Tidak ber-AC dan berada di lingkungan yang kotor serta tidak higienis, menjadi alasan untuk beberapa orang tidak mau melirik jenis usaha ini. Padahal, apabila seseorang melihat lebih dalam mengenai jenis usaha peternakan ini, maka jenis usaha ini merupakan jenis usaha yang mudah dan menguntungkan.

Ide Usaha Peternakan untuk Pemula

Berikut ini adalah 4 jenis usaha peternakan yang cocok untuk pemula yang mudah dan menguntungkan yang dapat menjadi salah satu referensi bagi masyarakat yang ingin memulai bisnis peternakan, diantaranya adalah ;

  1. Ternak Kroto


jenis usaha peternakan yang cocok untuk pemula pertama adalah ternak kroto. Kroto merupakan telur dari semut rangrang. Dengan kandungan protein yang tinggi dan memiliki gizi yang baik, kroto merupakan hal yang sangat dicari oleh seseorang yang memelihara burung kicau dan bibit ikan.

Tingginya masyarakat Indonesia yang masih menggeluti hobi memelihara burung kicau, memberikan gambaran mengenai prospek yang baik pada usaha peternakan kroto ini.

  1. Budidaya Ikan hias

Keindahan ikan yang berenang dalam akuarium yang sangat menyegarkan mata, membuat ikan hias menjadi hal yang banyak dicari oleh seseorang dan masuk kedalam rekomndasi jenis usaha peternakan yang cocok untuk pemula. Sehingga dengan demikian jenis usaha ini terbilang cukup menjanjikan, apalagi jenis usaha ini tidak membutuhkan lahan yang besar.

  1. Ternak Lele
Simak Juga:  Sekolah Agribisnis Unggulan di Indonesia, Siapa Tahu Anda Tertarik

Siapa yang tidak asing dengan jenis usaha yang satu ini, dengan waktu singkat serta tidak membutuhkan lokasi yang luas, jenis usaha ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. anda bisa memulai ternak lele menggunakan drum, ataupun ternak lele menggunakan kolam terpal

  1. Ternak Hewan Kelinci

Selain dagingnya yang enak, kelinci juga terkenal sebagai hewan yang indah untuk dipelihara. Kelinci merupakan salah satu hewan yang sangat mudah untuk dikembangbiakkan mengingat kelinci termasuk hewan yang sangat suka sekali “kawin”.

usaha peternakan di masa pandemi

Demikian pembahasan mengenai 4 Jenis usaha yang cocok untuk pemula, diharapkan dapat memberikan referensi kepada para pebisnis pemula di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. sehingga dengan demikian, roda perekonomian masayrakat baik secar umum maupun dalam lingkup keluarga dapat tetap berjalan seperti sedia kala