Home Bisnis & Wirausaha 3 Ide Usaha Dengan Modal 300 Ribu

3 Ide Usaha Dengan Modal 300 Ribu

39
SHARE
informasi agribisnis terkini

Kondisi global yang tengah mengalami pandemi Covid-19, memberikan dampak yang begitu buruk terhadap roda perekonomian sebagian masyarakat, khususnya di Indonesia. pemutusan kontrak kerja serta pembatasan masyarakat untuk mobilitas di ruang publik, dan minimnya ide usaha dengan modal 300 ribu menjadi alasan kuat terganggunya roda perekonomian masyarakat.

Kebutuhan yang terus berlanjut, memaksa seseorang untuk harus tetap kreatif untuk kembali menjalankan roda perekonomian keluarga. Sehingga, Ide usaha dimasa pandemi dengan modal kecil dan menjanjikan menjadi hal yang sangat diminati oleh masyarakat.

Usaha ternak dengan modal 300 ribu merupakan salah satu bidang usaha yang saat ini sangat diminati dan menjadi Incaran masyarakat. Hal ini dikarenakan, selain harga modal yang cukup ringan dan mudah untuk dilakukan, ide bisnis dengan modal 300 ribu ini membuat pebisnis pemula tidak perlu memiliki karyawan yang banyak untuk mengurus peternakan.

Meski demikian, usaha peternakan bukan tanpa resiko, penyakit serta kebersihan dari lokasi peternakan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Selain itu, bagi beberapa orang, ide usaha peternakan juga memiliki berbagai kendala seperti keterbatasan modal dan luas lahan yang diperlukan untuk membangun lokasi peternakan.

Simak Juga:  Inilah Yang Lebih Menguntungkan Antara Dropshipper Atau Reseller Bagi Pemula

Rekomendasi Usaha Mudah, Modal 300 Ribu

Berikut ini merupakan beberapa ide bisnis peternakan dengan modal 300 ribu yang bisa kalian mulai rintis :

  1. Ternak Jangkrik


Ide usaha dimasa pandemi yang pertama adalah Ternak jangkrik. Usaha yang saat ini masih terdengar asing untuk beberapa orang ini, merupakan salah satu usaha yang justru memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Hal ini seiring dengan tingginya permintaan jangkrik sebagai salah satu pakan burung dan juga ikan.

Berikut adalah estimasi dalam memulai peternakan jangkrik :

  • Telur jangkrik seharga Rp.200.000 per kilo
  • Pakan jangkrik berupa sayuran dan konsentrat ayam seharga Rp.15.000
  • Kotak tempat hidup jangkrik berada di kisaran Rp.20.000 sampai dengan Rp. 100.000.
  1. Ternak lele

Siapa yang tidak asing dengan ternak lele, usaha ternak yang bisa menggunakan kolam dibelakang rumah anda ini telah diminati oleh banyak masyarakat di Indonesia. apabila anda belum memiliki kolam, anda dapat menggali kolam buatan di sekitar rumah anda dan kemudian menutupinya dengan terpal seharga Rp. 15,000  per meter perseginya. atau bisa juga melakukan ternak lele di drum

Simak Juga:  Tips Jitu Ternak Kambing Tahun 2022

Untuk harga bibit lele dengan ukuran 15 -18 cm, anda cukup mengeluarkan sekitar seribu rupiah per ekornya, kemudian harga pakan per 5 kilogramnya berada di kisaran harga Rp. 65.000 rupiah saja.

  1. Ternak burung Puyuh

Dengan cita rasa daging yang lezat, ide usaha ternak rumahan yang bisa kalian coba adalah ternak burung puyuh. Ternak burung puyuh memberikan prospek yang cukup menjanjikan untuk anda bisa menjadi suplier di rumah makan maupun restoran.

Dengan modal Rp.8.000 per ekor dan harga kanang yang berada di kisaran Rp. 200.000 rupiah, anda bisa langsung memulai bisnis ini.

Berikut merupakan 3 jenis usaha dengan modal 300 ribu yang dapat segera anda mulai. Diharapkan artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk masyarakat yang saat ini ingin memulai untuk merintis usaha di masa pandemi seperti saat ini.