Home Data & Statistik Kabupaten/Kota Berawalan Huruf O : Optimisme Masyarakat Indonesia

Kabupaten/Kota Berawalan Huruf O : Optimisme Masyarakat Indonesia

70
0
SHARE
kota berawalan huruf o
sumber gambar: detik[dot]com

Sejarah pembentukan daerah di Indonesia mayoritas memiliki mitologi dan ceritanya sendiri. Namun, tidak semua daerah memiliki cerita pembentukan ataupun penamaan pada suatu daerah.

Setelah membahas profil dan sejarah kabupaten/kota yang berawalan huruf N, berikut adalah profil Kabupaten yang berawal dari huruf O di Indonesia.

  1. Kabupaten Ogan Komering Ulu

Kabupaten Ogan Komering Ulu terletak di Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Penamaan kabupaten ini diambil dari nama dua sungai besar yang melintasi dan mengalir di sepanjang wilayah kabupaten OKU, yaitu sungai Ogan dan Sungai Komering.

Kabupaten Ogan Komering Ulu terbagi dalam 13 kecamatan yang terdiri dari 14 Kelurahan dan 143 Desa dengan ibu kota kabupaten adalah Baturaja yang terletak di Kecamatan Baturaja Timur.

Kabupaten Ogan Komering Ulu terletak pada posisi yang cukup strategis karena dihubungkan oleh sistem jaringan jalan arteri primer Lintas Tengah Sumatera di Provinsi Sumatera Selatan. Sehingga potensi daerah yang dimiliki kabupaten ini adalah Industri, pertambangan, dan perikanan.

  1. Kabupaten Ogan Ilir

Ogan Ilir merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan. Ogan Ilir berada di jalur lintas timur Sumatra dan pusat pemerintahannya terletak sekitar 35 km dari Kota Palembang. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Kabupaten Ogan Ilir terdiri dari 16 kecamatan, 14 kelurahan, dan 227 desa. Kabupaten ini memiliki populasi 409.171 jiwa pada tahun 2015 dengan luas wilayah 2.382,48 km2. Potensi daerah yang dimiliki kabupaten ini adalah objek wisata sehingga pemerintah provinsi Sumatera Selatan berupaya untuk membangun infrastruktur jalan demi perkembangan potensi daerah tersebut.

  1. Kabupaten Ogan Komering Ilir

Kabupaten Ogan Komering Ilir merupakan salah satu kabupaten wilayah terbesar di Indonesia yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan.

Keberadaan Ogan Komering Ilir sebagai satu kesatuan wilayah tersendiri telah ada sejak masa sebelum kemerdekaan, yaitu Afdeling Ogan Ilir yang kemudian berubah menjadi Onder Afdeling Ogan Ilir. Setelah 17 Agustus 1945, bersama-sama dengan onder-afdeling Komering Ilir, marga-marga dalam wilayah ini digabungkan dan bernaung dalam satu kabupaten yaitu Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Kabupaten Ogan Komering Ilir memiliki luas 19.023,47 km² dan berpenduduk sekitar 731.721 jiwa. Pada tahun 2020, kabupaten ini memiliki 18 Kecamatan yang terdiri atas 314 desa beserta 13 kelurahan.

Potensi daerah yang dimiliki Kabupaten Ogan Komering Ilir adalah Objek wisata dan warisan budaya daerah. Pemerintah daerah sedang berupaya untuk meningkatkan infrastruktur untuk menunjang potensi daerah yang dimiliki Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Simak Juga:  Kota Berawalan Huruf M: Menelusuri Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here