Home Info Agribisnis Pertanian Ingin Jadi Petani Sukses Meski Pemula? Berikut Tipsnya

Ingin Jadi Petani Sukses Meski Pemula? Berikut Tipsnya

377
0
SHARE
tips petani pemula
sumber gambar: lipi.go.id

Indonesia merupakan negara agraris. Hal ini disebabkan sebagian masyarakat Indonesia memiliki mata pencaharian dari sektor pertanian.

Profesi sebagai petani merupakan salah satu profesi yang mulia. Petani berperan menghasilkan pangan untuk masyarakat luas. Profesi ini pun menjadi profesi yang penuh dengan tantangan karena harus menghadapi ketidakpastian kondisi alam dalam menghasilkan produk pangan yang berkualitas.

Impian menjadi petani sukses pun pastinya menjadi dambaan para petani baik bagi petani lama dan pemula. Berikut beberapa cara yang direkomendasikan supaya menjadi petani sukses bagi petani pemula.

  1. Bangun Motivasi yang kuat

Dalam menjalankan usaha apapun, motivasi yang dimiliki harus kuat, tak terkecuali bertani. Motivasi sangat dibutuhkan dalam bertani mengingat profesi ini bergantung pada alam dan memiliki risiko gagal panen apabila tidak diperjuangkan dengan sepenuh hati.

  1. Pelajari Sektor Pertanian

Sektor pertanian memiliki banyak risiko dan keuntungan tergantung bagaimana petani memanfaatkan lahan dengan komoditas dan cara yang tepat. Untuk itu pelajari segala hal yang terkait dengan pertanian sebagai bekal dalam menjalankan pertanian.

  1. Jadikan Pertanian Sebagai Mindset, Gaya Hidup, dan Bisnis Utama.

Selain pekerjaan, profesi pertanian harus dijadikan sebagai mindset, gaya hidup, dan bisnis utama. Dengan demikian, bertani dapat dilakukan dengan kerja keras sehingga hasil yang didapatkan sangat menguntungkan.

  1. Memilih Produk Pertanian

Produk pertanian sangatlah banyak seperti padi, jagung, sayuran, palawija, dsb. Pemilihan produk pertanian yang tepat dan sesuai dengan kualitas lahan akan mengikis risiko dan meningkatkan keuntungan.

  1. Melakukan Riset dan Belajar dari Pengalaman

Pada era teknologi, petani dituntut untuk melakukan inovasi. Oleh sebab itu, lakukan riset tentang pertanian dan belajar dari pengalaman petani senior untuk mendapatkan inspirasi dan inovasi terkait pertanian yang dijalankan.

  1. Menimba Ilmu dan Relasi

Bagi petani pemula dan muda, pertimbangkan untuk menimba ilmu di perkuliahan agrikultur untuk menambah wawasan pertanian. Selain itu bisa mengikuti seminar agribisnis untuk menambah relasi.

Simak Juga:  Menjual Hasil Pertanian Secara Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here