Home Info Agribisnis Kementan Klaim Cabai dan Bawang Merah di Posisi Aman

Kementan Klaim Cabai dan Bawang Merah di Posisi Aman

63
0
SHARE

Produksi cabai dan bawang merah untuk tahun ini dalam kondisi aman, sesuai yang dinyatakan pihak kementrian pertanian dari sektor pertanian.

Prihasto Styanto selaku direktur Holtikulutura  menegaskan jika produksi cabai dan bawang merah masih dalam kondisi tabil, akan tetapi prosentase konsumen saat ini juga relatif belum muncul gerakan yang mengejutkan.

Dari laporan harga yang ada di pusat pangkalan data PIHPS jumlah untuk cabai rawit sebesar 39.000/kg, jumlah untuk cabai kriting sebesar 32.000/kg untuk jumlah laporan masuk bawang merah sebesar 26.950/kg.

Untuk data daerah yang saat ini sudah bisa panen cabai diantaranya dari Lumajang, Tuban, Banyuwangi, Kediri, Blitar, Cianjur. Untuk jumlah produksi di aerah tersebut masuk dalam kondisi yang aman, karena tanaman ini mudah dalam perawatannya.

Bahkan beliau juga mnjelaskan cuaca tahun ini masih sangat baik untuk produksi tanaman holtikultura, meskipun terjasi pergeseran waktu datangnya hujan. Namun tidak memberikan dampak berarti yang akan mempengaruhi prosentase konsumen.

Laporan dari data bawang merah sesuai dengan keterangan Prihasto masih sangat stabil. Bahkan tingkat keamanan produksi dari petani dan permintaan konsumen terkondisikan. Untuk daerah yang memiliki produksi sangat baik di wilayah Demak, Kendal dan Probolinggo.

Menyambut datangnya moment tahunan Natal dan tahun baru, Prihasto yang menyatakan jika pihaknya sudah mengambil langkah untuk antisipasi dengan berkoordinasi bersama Gapoktan dan Pemda dalam mengkondisikan suplai pasokan cabai dan bawang merah yang ditujukan ibukota dengan grafik harga konsisten.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here