Home Info Agribisnis Kementan Mengelola Data Konkret Lahan Sawit

Kementan Mengelola Data Konkret Lahan Sawit

93
0
SHARE

Rencana untuk menambah luas lahan kelapa sawit diberhentikan semetara menunggu keputusan terkait data yang lebih konkret dan menunggu hingga morotarium selesai. Tidak hanya itu pemerintah akan meningkatkan intensifikasi kebun kelapa sawit.

Sesuai keterangan dari Bambang selaku direktur Jendral Perkebunan Kementan beliau mengatakan jika kebijakan dari pemerintah beberapa waktu kedepan akan mengoptimalkan lahan yang ada dan belum ada rencana untuk menambah luas lahan kelapa sawit. Namun dukungan untuk petani agar lebih meningkatkan produksi kelapa sawit encapai 2-3 ton/ha.

Saat ini yang harus dikerjakan terlebih dahulu merapikan data lahan, rencana untuk memperluas lahan diberhentikan agar petani lebih fokus untuk peningkatan hasil dari kebun. Jika hasil dari lahan yang ada tidak mencapai target Bambang khawatir tidak ada lagi ijin kedepannya.

Namun beliau juga menjelaskan terkait kebijakan pemerintah dalam membangun perkebunan tidak hanya penambahan area, kecuali bagi petani yang sudah mampu meningkatkan produktifitas dan memang membutuhkan untuk perluasan lahan.

Hasil dari perkebunan mencapai 3 ton dan harus lebih ditingkatkan lagi jumlah sesuai dengan target yang harus mencapai 6-9 ton seperti produktifitas dari sektor komoditas yang lain.

Sesuai dengan inpres no.8 2018 tentang peningkatan produksi dan produktifitas sudah menjadi kewajiban pihak terkait. Bambang juga mengatakan jika harus ada data jelas terkait pengelolaan kebun yang sesuai sttandar inpres, sulai yang sudah tercukupi dan kualitas dan kuantitas sudah bisa dipastikan untuk penambahan area tidak akan dibutuhkan lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here