Home Investasi Impor Pemerintah Kembali Buka Keran Impor Jagung

Pemerintah Kembali Buka Keran Impor Jagung

296
0
SHARE

Pada awal tahun ini, Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengumumkan akan kembali membuka keran impor jagung untuk tahun ini. langkah tersebut sudah berdasarkan keputusan rapat koordinasi terbatas (Rakortas) pemerintah pada beberapa waktu yang lalu.

Direktur Jendral Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Oke Nurwan mengatakan, nantinya Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) rencananya akan mengimpor jagung sebanyak 30.000 ton. Bulog juga sudah mengajukan izin ke Kemendag, setelah mendapat penugasan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno. Kanya Anindita. “jelasnya”

Tambahan jagung impor sebanyak 30 ribu ton ini rencananya akan mulai masuk pada bulan Maret 2019. Kemendag bisa memastikan jika masuknya jagung impor tersebut tidak akan bentrok dengan panen raya di Indonesia.

Simak Juga:  Rupiah Melemah, Importir Tekan Harga Kedelai.

Selain itu, keputusan untuk mengimpor jagung tersebut sebagai langkah untuk mengantisipasi lonjakan harga. Saat ini harga jagung pakan di tingkat peternak masih cukup tinggi. Saat ini, harga jagung di tingkat petani masih berkisar Rp 5.800 per kilogram.

Sebelumnya, pada Desember 2018, pemerintah mengumumkan akan membuka impor jagung sebanyak 100 ribu ton. Lalu pada awal Januari 2019 melalui Rakortas, pemerintah kembali mengeluarkan izin impor jagung pakan sebanyak 30 ribu ton. Sehingga secara keseluruhan impor jagung sudah mencapai 130 ribu ton

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here