Home Info Agribisnis Peternakan Satwa Nusantara, Aplikasi Khusus Peternak Sapi

Satwa Nusantara, Aplikasi Khusus Peternak Sapi

162
0
SHARE

Perusahaan operator telekomunikasi seluler, PT XL Axiata Tbk atau disingkat XL, Bekerja sama dengan Universitas Negeri Jember (UNEJ) meluncurkan aplikasi khusus peternak sapi yang diberi nama “Satwa Nusantara”.

Tujuan dibuatnya aplikasi ini agar bisa memberikan manajemen sistem rantai peternakan untuk para peternak sapi. Sebagai pilot project, dipilih Desa Karang Tekok di Kabupaten Situbondo untuk project percontohan.

Selain untuk membangun infrastruktur, XL Axiata juga berkomitmen untuk memberikan solusi terbaik untuk masyarakat. Dipilihnya Desa Karang Tekok ini karena sebagian besar masyarakat di daerah tersebut bermata pencaharian sebagai peternak sapi, sehingga XL masuk untuk memberikan solusi digital untuk membantu masyarakat.

Para peternak sapi dikawasan tersebut nantinya bisa memantau perkembangan hewan peliharaan dengan mudah hanya menggunakan aplikasi yang berbasis android. Aplikasi Satwa Nusantara ini berkonsep Farm Chain Management System (FMCS), dengan aplikasi ini nantinya bisa mendata jumlah sapi yang dimiliki oleh peternak, berat, jumlah pakan yang di konsumsi dan lain sebagainya.

Simak Juga:  Kemtan - Populasi Ternak Naik Setiap Tahun

Selain itu, diharapkan dengan menggunakan aplikasi ini bisa mengubah perilaku beternak sapi, dari gembala dipadang rumput menjadi peternakan kandang yang lebih mudah untuk di kontrol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here