Home Info Agribisnis Petani di Kulon Progo Menghadapi Hama Dengan Alat Canggih

Petani di Kulon Progo Menghadapi Hama Dengan Alat Canggih

4
SHARE

Di tengah kekhawatiran akan serangan hama wereng yang dapat mengancam hasil panen, para petani di Kulon Progo, Yogyakarta, menunjukkan inovasi dan tekad untuk melawan hama tersebut. Mereka memanfaatkan teknologi modern dengan menggunakan drone untuk menyemprotkan pestisida dan pupuk secara efektif dan efisien. Hama wereng merupakan salah satu hama yang paling ditakuti oleh para petani padi. Hama ini menyerang tanaman padi dengan menghisap cairan dan merusak daun, batang, dan malai. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan hasil panen yang signifikan, bahkan gagal panen.

Simak Juga:  Komitmen BPN Sulteng Membangun Kesejahteraan Warga dengan Agraria

Inovasi Drone untuk Pembasmian Hama Wereng

Menyadari dampak merusak hama wereng, para petani di Kulon Progo beralih ke teknologi drone untuk membasmi hama tersebut. Drone memungkinkan penyemprotan pestisida dan pupuk yang lebih terarah dan merata, sehingga dosis yang digunakan pun lebih sedikit.

Keunggulan Penggunaan Drone

  • Penyemprotan lebih efektif dan efisien:

    Drone dapat menjangkau area yang sulit dijangkau oleh manusia, seperti area terpencil dan sawah yang tergenang.

  • Dosis pestisida lebih sedikit:

    Penyemprotan dengan drone lebih terarah dan merata, sehingga dosis pestisida yang digunakan pun lebih sedikit. Hal ini dapat membantu mengurangi pencemaran lingkungan dan dampak negatif terhadap kesehatan manusia.

  • Hemat waktu dan tenaga:

    Penggunaan drone dapat menghemat waktu dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk penyemprotan pestisida dan pupuk.

  • Meningkatkan hasil panen:

    Penggunaan drone yang efektif dapat membantu meningkatkan hasil panen padi.

Tantangan dan Harapan Penggunaan Drone oleh Petani di Kulon Progo

Tantangan

Penjelasan
Biaya drone yang tinggi Harga drone yang masih tergolong tinggi menjadi kendala bagi sebagian besar petani.
Kurangnya pengetahuan dan keterampilan Tidak semua petani memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengoperasikan drone.
Peraturan yang ketat Penggunaan drone diatur oleh peraturan yang ketat, sehingga perlu izin khusus untuk mengoperasikannya.

Harapan

Penjelasan
Dukungan pemerintah Diharapkan pemerintah dapat memberikan dukungan dan pelatihan kepada para petani agar mereka dapat memanfaatkan teknologi drone dengan maksimal.
Peningkatan hasil panen Diharapkan penggunaan drone dapat membantu para petani meningkatkan hasil panen.
Pemberantasan hama yang lebih efektif Diharapkan penggunaan drone dapat membantu para petani melawan hama wereng secara lebih efektif.

Penggunaan drone oleh para petani di Kulon Progo merupakan contoh nyata bagaimana teknologi modern dapat membantu meningkatkan sektor pertanian. Inovasi ini menunjukkan tekad dan semangat para petani untuk melawan hama wereng dan meningkatkan hasil panen.

[Sumber]

Simak Juga:  Kementan Intruksi BUMN Tentang Penyerapan Gabah