Home Info Agribisnis Peternak Agar Waspadai Penyakit Brucellosis Pada Hewan Ternak

Peternak Agar Waspadai Penyakit Brucellosis Pada Hewan Ternak

53
0
SHARE
ket foto pemeriksaan hewan kurban 1-2 SURYA/NEDI PUTRA AW PERIKSA USIA-Petugas Dinas Pertanian Bidang Peternakan Kota Malang memeriksa gigi seekor sapi kurban untuk mengetahui usia hewan tersebut pada salah satu penjual ternak kurban musiman di kawasan Jl Semanggi Timur, Kamis (18/10/2012). Pemeriksaan ini sebagai upaya mengetahui kondisi kesehatan hewan agar layak sebagai hewan kurban.

Himbuan untuk waspada terhadap serang penyakit brucellosis yang mengeluarkan nyawa sapi dan domba, pihak Dinas Pertanian dan Pertanian Kota Komering Ulu Timur Disebut “saat ini telah disebut sebagai karena penyakit tergolong ganas”.

Bahaya itu memang harus dihindari karena bakter tidak hanya menyerang hewan ternak lainnya.

Keterangan dari Sujarwanto selaku Kabid Kesehatan menyatakan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan menjaga hewan ternak agar terhindar serang penyakit mematikan, penyakit ini juga bisa diserang manusia.

Ciri-ciri manusia yang terserang penyakit yaitu demam dan menggigil, sakit kepala yang hebat, meriang, sakit dan bahkan bisa diare.

Bahkan belanjut demam hingga 40-41 derajat celcius, tidak hanya itu kondisi tubuh bisa menurun secara tiba-tiba.  Namun memasuki pagi hari tubuh biasa mendekati kondisi normal namun memasuki malam hari tubuh akan kembali demam tinggi.

Simak Juga:  Satwa Nusantara, Aplikasi Khusus Peternak Sapi

Kondisi tersebut terjadi selama 1-5 hari dan berlanjut dengan 2-14 hari tanpa ada gejala apa-apa, dan yang perlu diwaspadai yaitu untuk penyembuhan penyakit ini bisa memakan waktu berbulan-bulan.

Nah untuk mencegah agar tidak terserang penyakit ini sebaiknya memberikan vaksin pada hewan ternak sapi, kambing, kerbau dan domba dengan di berikan hygienesanitasi. Hal ini menjadi syarat utama karena penyakit ini menyeang dengan infeksi ke luka kulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here