Home Info Agribisnis Peternakan Subang Siap kembangkan Kawasan Ternak Sapi Potong

Subang Siap kembangkan Kawasan Ternak Sapi Potong

2253
0
SHARE

Semakin tingginya kebutuhan daging sapi di Indonesia membuat pemerintah harus membuka Kran impor daging sapi. impor daging sapi dilakukan untuk bisa memenuhi kebutuhan daging nasional sebab daging dari peternak lokal masih belum mencukupi. Hal ini juga turut mempengaruhi harga sapi dipasaran. Mengantisipasi hal tersebut, pemerintah terus berupaya untuk menekan impor daging sapi dan diharapkan peternak lokal bisa memenuhi kebutuhan daging nasional. Namun nyatanya saat ini pemerintah masih melakukan impor daging sapi. saat ini yang perlu dilakukan adalah memperluas jaringan peternak sapi, sehingga produksi daging sapi bisa mengalami peningkatan.

Saat ini Kabupaten Subang akan menjadi proyek rintisan kawasan peternak sapi potong, hal tersebut dilakukan karena Subang sudah bisa memenuhi kebutuhan daging sapi sendiri dan juga Kab Subang sudah memiliki dua sentra peternakan rakyat. proyek tersebut juga sudah dilakukan berdiskusi dengan Kementerian Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas Pertanian dan Bappeda. Dalam diskusi yang diselenggarakan ada opsi agar sektor swasta bisa ikut terlibat dalam aktifitas pada sentra peternakan rakyat. ditunjuknya Subang sebagai kawasan peternak sapi potong oleh kementerian sebab Kab Subang sudah memiliki kriteria untuk membangun kawasan ternak sapi potong. Salah satunya adalah karena perkembangan populasi sapi potong di Subang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya dan juga subang memiliki dua kawasan sentra peternakan rakyat.

Hingga akhir tahun 2015 tercatat populasi sapi potong mencapai 32 ribu ekor, dengan hasil tersebut sudah mampu untuk memenuhi kebutuhan daging di Subang. Namun yang terus digenjot adalah agar Produksi Daging Sapi di Subang bisa untuk memenuhi kebutuhan untuk Jawa Barat dan Nasional. Dengan adanya dua Sentra peternakan rakyat diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan daging sapi nasional. Tujuan diadakan nya Sentra Peternakan Rakyat adalah agar bisa menunjang kebutuhan daging nasional dan juga mensejahtrakan peternak lokal. Diharapkan dengan adanya proyek ini Peternak sapi di Subang bisa memnuhi untuk kebutuhan Jawa Barat dan Juga Nasional.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here