Home Info Agribisnis Peternakan Kisah Sukses Ternak Ayam Petelur

Kisah Sukses Ternak Ayam Petelur

94
SHARE

Telur menjadi salah satu kebutuhan yang setiap hari banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat. Bukan hanya kaya nutrisi saja, telur juga sumber karbohidrat. Bukan hanya bisa dijadikan lauk namun juga bisa digunakan berbagai olahan makanan. Sehingga dengan memikirkan bisnis ayam petelur bisa jadi akan membuka kesempatan kepada Anda sebagai pebisnis muda yang sukses.

Melihat dari skema bisnis ayam petelur ini, sebagian orang memang sudah lama menjalankannya. Bahkan sampai saat ini bisa dikatakan jika ternak ayam petelur bisa menunjang keuntungan dari segi hasil yang didapatkan. Meski dunia bisnis kadang untung dan rugi, memilih ternak ayam petelur bisa saja menjadi rekomendasi bagus untuk memulai bisnis baru Anda.

Cara Memulai Usaha Ternak Ayam Petelur

Ternak ayam petelur bisa dikatakan sebagai salah satu bisnis yang mudah sekali dijalankan. Sebagai gambaran memulai bisnis ini, berikut ini beberapa kisah sukses beberapa peternak didalam menjalankan bisnis ini.

  • Siapkan Lokasi Kandang
Simak Juga:  Komoditas Ternak Paling Untung Tahun 2022

Setiap peternakan memang membutuhkan lokasi yang jauh dari permukiman penduduk. Apalagi bau kotoran yang tidak sedap biasanya akan menimbulkan masalah. Apalagi ayam petelur juga membutuhkan ketenangan. Dari kedua alasan itulah, silahkan mendirikan kandang yang jauh dari permukiman penduduk untuk menunjang kualitas telur yang dihasilkan.

  • Tentukan Model Kandang

Sistem ternak ayam menentukan model kandang yang digunakan. Jika koloni maka Anda harus membuat kandang yang luas. Namun untuk memudahkan panen silahkan gunakan model kandang baterai. Selain ayam lebih maksimal makan, telur yang dihasilkan juga mudah diambil setiap harinya.

  • Menyortir Bibit Ayam Petelur

Pilih bibit berkualitas agar telur yang dihasilkan juga produktif. Hal ini akan menjamin jika hasil panen yang didapatkan akan terus stabil bahkan rutin setiap harinya.

  • Berikan Pakan Terbaik
Simak Juga:  Mengenal Budidaya kelinci

Kualitas pakan juga harus diperhatikan. Semakin baik dalam pemilihan pakan kualitas telur yang dihasilkan juga sangat bagus ukurannya.

  • Perawatan Ayam

Lakukan vaksin yang rutin supaya kesehatan ayam tetap terjaga. Telur yang dihasilkan juga akan memebuhi target yang Anda inginkan. Jangan lupa kebersihan kandang juga harus selalu diperhatikan.

Dengan memperhatikan semua hal diatas maka usaha ternak ayam petelur yang sedang Anda jalankan semakin mendapatkan hasil yang maksimal. Silahkan sortir ukuran dan bentuk telur yang sesuai pasaran agar konsumen percaya jika bisnis Anda memang layak bersaing dipasaran.