4 Juta Hektare Lahan Buat Embung

4 Juta Hektare Lahan Buat Embung

159
0
SHARE

Dalam waktu dekat Pemerintah akan menyiapkan lahan seluas 4 juta hektare tanah dimana ini akan digunakan guna membangun sebanyak 30.000 embung dalam sepanjang tahun 2017 ini. Sejauh ini pembangunan embung desa memang masuk di 4 program yang menjadi prioritas pembangunan desa dalam tahun 2017 kala akan dijalankan pihak Kementerian Desa, Dinas Transmigrasi serta juga PDT.

“Kemendes nantinya bakal membangun embung, tak lupa kami juga akan mengupayakan alsintan serta benih unggulnya, diharapkan kedepan akan saling bersinergi,” kata Andi Amran selaku Menteri Pertanian ke media.

Pemerintah menargetkan kalau akan mengembangkan embung di lokasi tanah tadah hujan kala sejuah ini memang sudah disediakan.

“Jika nantinya di daerah itu kita bangun, maka akan banyak petani dalam areal itu akan tidur dalam 6 bulan serta mereka tak akan berproduksi usai tidak ada suplay air kala musim kemarau. Dengan membangun embung maka petani akan banyak jatah air saat kemarau dan membangkitkan gairah mereka dalam bertanam. Jika nantinya ada embung kedepannya sayur, ikan, ternak dan lainya akan bisa hidup,” imbuhnya.

Simak Juga:  Menko Darmin - 24 Juli Sebagai Hari Florikultura

Saat ini memang embung sudah nyata sukses dalam wilayah provinsi NTB , dimana ini juga atas ide Kementerian Pertanian, usai mampu memproduksi dalam cakupan pendapatan daerah disana memang benar-benar meningkat.

“Dulunya dalam 6 bulan menganggur usai datangnya musim kemarau. Dalam hal ini mereka para petani di jangka 12 bulan mampu berproduktif, ” tegas Mentan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY