Home Info Agribisnis Perikanan Agribisnis Ternak Lele untuk Pemula

Agribisnis Ternak Lele untuk Pemula

62
0
SHARE

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang cukup diminati di Indonesia. Hal ini tentu membuat lele memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan. Bisnis lele dengan cara budidaya lele memiliki prospek yang cerah ditengah permintaan yang tinggi.  Bagi anda yang ingin memulai bisnis budidaya lele cukup mudah, dan modal yang dikeluarkan pun tidak begitu besar ditambah dengan perawatan yang cukup mudah.

Bagi pemula yang ingin terjun dalam bisnis lele, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti :

  • Ikan lele bisa hidup pada tempat dengan suhu kisaran 20-28 derajat celcius
  • Kolam lele ada baiknya tidak terkontaminasi dengan limbah
  • Ikan lele suka dengan air yang tenang. Hindari menyimpan lele pada air dengan kadar oksigen rendah.
  • Permukaan kolam ada baiknya tidak tertutup

Cara Beternak Lele Untuk Pemula

Persiapan Lahan

Sebelum memulai bisnis ternak lele, langkah awal yang perlu disiapkan adalah persiapan lahan. Lahan ini nantinya akan digunakan untuk pembuatan kolam. Lahan yang baik untuk ternak lele adalah yang dekat dengan sumber air, jauh dari wilayah penduduk. Dan untuk ukuran lahan bisa disesuaikan dengan keinginan masing masing, untuk kedalaman baiknya 80 cm. bahan yang disiapkan seperti, terpal dan kapur dolmit yang berfungsi untuk pengapuran untuk membersihkan penyakit yang bisa menyerang lele.

Memilih Indukan Lele

Untuk memilih indukan ada baiknya menggunakan benih ikan lele berkualitas. Anda bisa memilih benih ikan lele untuk pembesaran yang ukurannya 5-7 cm, ada baiknya ukurannya seragam. Ikan lele berkualitas biasanya memiliki tubuh yang seimbang, antara kepala dan badan. Harus diperhatikan juga benih ikan lele harus bebas dari cacat.

Persiapan Menebar Benih di Kolam

Jika kolam sudah dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan kondisi kolam sehingga siap untuk menampung benih lele. Sebelum menebar benih, perlu diperhatikan juga kolam harus sudah disi dengan air bersih dan bebas limbah, Isilah kolam hingga ketinggian kurang lebih 60 cm. anda juga bisa menyiapkan pupuk kandang yang berasal dari kotoran kambing.

Proses Pemijahan

Proses ini merupakan tahap untuk mengawinkan pejantan dengan indukan betina. Biasanya sel telur lele yang sudah dibuahi akan menempel pada sarang dengan jangka waktu 24 jam. Setelah itu telur akan menetas dan menjadi anakan lelel

Proses pemindahan benih lele

Langkah selanjutnya adalah melakukan pemindahan anakan atau benih ikan lele. Proses ini harus dilakukan dengan hati-hati. Cara untuk melakukan pemindahan ini adalah dengan mengurangi ketinggian air dalam kolam. Kurangi sekitar 10-20 cm. saat air sudah berkurang, lalu kita ambil benih dan pindahkan ke penampungan sementara berupa ember yang sudah di isi air kolam.

Pakan Ternak lele

Kunci utama keberhasilan beternak lele adalah pemberian pakan ternak. Sesuaikan pemberian pakan dengan usia lele anda. Untuk lele umur 3- 4 hari bisa diberikan pakan alami seperi plankton, caci kecil dan jentik. Dan untuk lele diatas 4 hari diberikan pakan yang kaya kandungan protein. Pemberian pakan harus dilakukan secara rutin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here