Home Bisnis & Wirausaha Daftar Ide Usaha Sampingan Bidang Agribisnis untuk Anda

Daftar Ide Usaha Sampingan Bidang Agribisnis untuk Anda

1856
0
SHARE

Pemerintah Indonesia terus mendorong masyarakat Indonesia untuk terjun dalam dunia entrepreneur sebagai solusi mengatasi pertumbuhan ekonomi yang lambat dan juga mengurangi angka pengangguran. Untuk menciptakan iklim bisnis yang menguntungkan, pemerintah juga sudah mengeluarkan beberapa kebijakan yang bisa melancarkan proses pengembangan usaha bagi pemilik modal. Kebijakan tersebut meliputi perbaikan di bidang birokrasi perijinan, pasar modal, perbankan, asuransi, dan juga multifinance. Jadi bagi Anda yang masih ragu untuk berbisnis segera ambil langkah untuk memilih jenis bisnis yang ingin ditekuni demi menuju kesuksesan yang lebih baik.

Bisnis di bidang agribisnis adalah pilihan yang bisa jadi pintu gerbang Anda menuju dunia usaha. Bisnis di bidang agribisnis saat ini peluangnya masih cukup besar dan cocok bagi pengusaha pemula karena relatif mudah dilakukan, bisa dikerjakan dengan modal kecil, dan tidak menyita banyak waktu sehingga bisa jadi bisnis atau usaha sampingan selain pekerjaan tetap Anda. Berikut adalah beberapa usaha sampingan di industri agribisnis yang bisa jadi referensi.

Simak Juga:  Entrepreneur Kakao Targetkan Diskriminasi Diatasi

Bertanam sayuran

Sayuran yang segar dan bagus selalu dicari orang setiap harinya. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan cara memanfaatkan lahan yang cocok untuk ditanami sayur. Jika lahan yang dimilki terbatas, Anda bisa menerapkan metode bertanam yang menggunakan teknologi misalnya hidroponik. Sayuran relatif lebih mudah ditanam dibandingkan buah-buahan, dan meski modalnya cukup kecil keuntungan yang Anda dapatkan bisa berlipat ganda. Anda cukup mencari bibit tanaman sayur, menentukan metode penanaman yang pas dan juga perawatannya, serta mencari target pasar untuk menjualnya. Bisa dijual ke pedagang sayur, bisa juga ditawarkan untuk memasok supermarket.

Budidaya tanaman obat

Masyarakat Indonesia masih mengandalkan obat herbal untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai masalahnya. Oleh karena itu permintaan akan obat herbal masih tinggi. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menanam berbagai macam tanaman obat herbal seperti misalnya jahe merah, budidaya lidah buaya, tanaman bunga rosella, daun sirih, mahkota dewa, dan berbagai tanaman ramuan jamu lainnya. Jika tidak punya sumber daya untuk mengolahnya, Anda bisa menawarkan untuk jadi supplier di perusahaan-perusahaan jamu atau obat herbal sebagai bentuk kerjasama.

Simak Juga:  PT Berdikari Diharapkan Membawa Perubahan Untuk Peternak Lokal

Budidaya jamur konsumsi

Jamur adalah bahan makanan yang cukup banyak disukai namun supplynya masih terbilang belum bisa mencukupi sehingga harganya relatif mahal. Jamur juga jadi makanan yang banyak dicari terutama bagi mereka yang menerapkan pola makan vegetarian di mana jamur kerap digunakan sebagai pengganti daging. Harga jamur yang masih mahal dikarenakan tidak begitu banyak pasokan jamur dari petani untuk memenuhi kebutuhan pasar. Padahal budidaya jamur konsumsi tidak sulit untuk dilakukan dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Budidaya jamur adalah bisnis yang cocok dilakukan sebagai usaha sampingan karena perawatannya tidak makan banyak waktu dan usaha.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here