Home Info Agribisnis Perkebunan Fenomena Cuaca La Lina Hambat Produksi Gula Di Indonesia

Fenomena Cuaca La Lina Hambat Produksi Gula Di Indonesia

633
0
SHARE

Indonesia akan dilanda Fenomena Cuaca La Lina, Hal tersebut sudah di sampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Fenomena cuaca ini di perkirkan akan terjadi pada bulan September. saat ini hujan masih melanda sejumlah wilayah di indonesia. menurut prakiraan dari BMKG Fenomena cuaca ini akan terjadi di indonesia mulai bulan September 2016. Fenomena cuaca La lina ini bisa memberikan efek buruk terhadap produksi pertanian indonesia. terutama produksi gula nasional.

La lina bisa menghambat produksi gula indonesia, di perkirakan produksi gula di indonesia akan menurun sekitar 10%-20% terkait Fenomena cuaca ini. hal senada juga di sampaikan secara langsung oleh Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (Kemtan), Gamal Nasir, Beliau Mengatakan bahwa akan terjadi penurunan produksi gula di indonesia, terutama penurunan Rendamen gula yang sebelumnya sekitar 8% karena fenomena ini bisa turun menjadi 7%. Karena sebagian lahan untuk produksi gula akan mengalami kemarau basah”Ujarnya”.

Perkirakaan pemerintah sebelumnya, produksi gula di indonesia akan mencapai angka 2.6 juta ton, namun dengan adanya anomali cuaca ini di perkirakaan produksi gula nasional berada pada kisaran 2.3 juta ton. walaupun terdapat penurunan produksi gula, pemerintah menjanjikan tidak akan ada kenaikan harga gula terutama di tingkat petani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here