Home Info Agribisnis Perkebunan Harga Karet Anjlok Rp.5000 Per Kg             

Harga Karet Anjlok Rp.5000 Per Kg             

931
0
SHARE

Di Probinsi Kep Bangka Belitung, Harga jual karet mengalami penurunan yang drastis. Harga jual karet untuk tingkat petani anjlok dan berkisar antara Rp.5000-Rp.6000 per kg. harga jual karet di Bangka Belitung jauh lebih rendah dari daerah lain yang masih berkisar antara Rp.10.000- Rp.11.000 Per kg. Pemprov Babel mengakui, anjlok nya harga karet di Bangka Belitung karena terjadi kesalahan yang di lakukan petani saat mengolah karet mentah.  Sehingga hal ini membuat harga karet mentah menjadi turun untuk tingkat jual petani.

Saat ini sebagian besar petani masih menggunakan tawas untuk melakukan proses pemutihan namun tawas bisa mempengahruhi kualitas karet tersebut. Seharusnya dalam pengolahan karet mentah petani bisa menggunakan asam semut. Penggunaan asam semut juga sudah sesuai anjuran dari Kementrian. Kesalahan dari pengolahan harga karet ini yang membuat harga karet tingkat petani anjlok.

Simak Juga:  Jasindo Sudah Siapkan Asuransi Tebu dan Holtikultura

Pemprov Babel meminta kepada petani karet agar bisa menjaga kualitas karet yang di produksi. Ada baiknya menggunakan bahan bahan yang sudah di anjurkan oleh pemerintah. Sehingga karet untuk daerah Bangka Belitung bisa bersaing. Karena anjlok nya harga karet akan membuat petani sendiri yang merugi. Pemprov Babel menekankan kepada petani agar bisa menggunakan Asam semut karena sangat baik untuk penggumpalan gabungan karet yang baru disadap dari batang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here