Home Info Agribisnis Perkebunan Kemtan Tutup Impor Buah Rock Melon

Kemtan Tutup Impor Buah Rock Melon

296
0
SHARE

Kementerian Pertanian (Kemtan) telah resmi menutup pasokan buah rock melon (cantalupe) dari Australia ke Indonesia. Keputusan ini dituangkan dalam keputusan menteri pertanian nomor 207/Kpts/KR.040/3/2018. Sehingga sudah tidak ada lagi pasokan buah yang diedarkan di Indonesia.

Tidak izinkan nya lagi impor buah rock melon ini karena kejadian luar biasa yaitu kontaminasi bakteri Listeria monocytogenes di Australia yang sampai saat ini sudah mengakibatkan empat orang meninggal dunia. Dan juga karena adanya Surat Agriculture Counsellor Kedutaan Besar Australia di Jakarta pada tanggal 3 Maret 2018.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman memberikan atensi khusus menanggapi kasus tersebut dan sangat peduli agar kejadian tersebut tidak terjadi di Indonesia. Sehingga keputusan Menteri Pertanian yang tertuang dalam keputusan menteri pertanian nomor 207/Kpts/KR.040/3/2018 menjadi langkah kongkrik untuk mencegah hal tersebut masuk ke Indonesia.

Selain itu, langkah ini juga sebagai bentuk perlindungan terhadap konsumen buah di Indonesia dan mengantisipasi adanya kejadian serupa terjadi di Indonesia. Ada beberapa poin khusus dalam keputusan tersebut, seperti penutupan pemasukan rock melon (cantaloupe) yang berasal dari Negara Australia ke dalam wilayah Negara Republik Indonesia.

Pemberlakukan penutupan pemasukan terhadap rock melon dari Australia berlaku sejak 3 Maret 2018. Pemasukan buah rock melon melebihi batas waktu yang sudah ditetapkan akan dilakukan penolakan atau pemusnahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here