Home Info Agribisnis Perkebunan Malaysia Rebut Pasar Ekspor Sawit Indonesia

Malaysia Rebut Pasar Ekspor Sawit Indonesia

128
0
SHARE

Menghimpun data dari Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), ekspor sawit nasional selama Ramadhan dan Lebaran 2017 mengalami kenaikan 2% dari 2,56 juta ton di April 2017 menjadi 2,62 juta ton di Mei 2017. Ekspor sawit mentah atau crude palm oil (CPO) ke negara yang mayoritas muslim mengalami penurunan pada bulan puasa tahun ini.

Penurunan signifikan terjadi di Pakistan yang anjlok hampir 31% menjadi 142.210 ton di Mei 2017 dibandingkan bulan April yang mencapai 207.210 ton. Direktur Eksekutif GAPKI, Fadhil Hasan menjelaskan, penurunan ekspor sawit Indonesia ke Pakistas karena pangsa pasar Indonesia telah direbut Malaysia dengan persaingan harga yang kompetitif. Sebab tidak adaya pajak yang diterapkan untuk produk turunan sawit. “pungkasnya”

Simak Juga:  Entrepreneur Kakao Targetkan Diskriminasi Diatasi

Selain itu, jika dilihat berdasarkan data GAPKI, ekspor minyak sawit Malaysia ke Pakistan mengalami lonjakan dua kali lipat dari bulan sebelumnya. Biasanya ekspor sawit Malaysia ke Pakistan hanya dikisaran 500.000 ton-550.000 ton per bulan. Tapi sejak bulan Mei melonjak di atas 1 juta ton.

Penurunan ekspor sawit nasional juga terjadi ke beberapa negara timur tengah dan mencatatkan penurunan sebesar 23%. Penurunan juga terjadi dengan China dan negara-negara Uni Eropa tercatat menurunkan impor minyak sawit Indonesia masing-masing 7% dan 2%.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here