Minggu Kedua Ramadhan : Giliran Harga Sayur Naik

Minggu Kedua Ramadhan : Giliran Harga Sayur Naik

456
0
SHARE

Mengiringi jejak beberapa harga komoditi lainnya yang sudah naik, seperti daging sapi, ayam, cabe dan bawang merah serta bumbu dapur lainnya, sekarang giliran Harga sayur yang juga meningkat, peningkatan yang terjadi malah mencapai setengahnya di beberapa pasar. Harga sayur yang mulai merangkak naik saat ini adalah beberapa sayur yang biasa dikonsumsi seperti wortel, tomat dan kentang. Akibatnya ada penurunan keuntungan yang diterima pedagang sayur setiap hari karena imbas kenaikan ini.

Berikut dibawah ini adalah beberapa komoditas yang mengalami kenaikan di minggu ke-2 Bulan Puasa :

No Komoditas Harga Sebelum Harga Saat Ini (13 Juni 2016)
1 Wortel Rp 12.000 Rp 15.000
2 Kentang Rp 13.000 Rp 15.000
3 Tomat Rp 11.000 Rp 13.500

Menurut para pedagang sendiri kenaikan harga sayur mayur seperti ini sudah biasa disaat bulan Ramadhan atau saat sebelum lebaran. Para pedagang juga meminta pemerintah untuk mencermati kembali bagaimana respon di pasar menanggapi harga daging yang sebelumnya diminta Rp 80.000, umumnya konsumen cenderung menyukai daging lokal ketimbang daging impor dari pemerintah.

Para pedagang berharap kepada pemerintah agar cepat tanggap mengenai masalah harga daging dan harga sayur kali ini, terlebih banyak pedagang kecil beranggapan bahwa karena ketidakpastian harga di pasar malah menguntungkan pedagang besar ketimbang pedagang kecil.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY