Home Info Agribisnis Perikanan Produksi Turun, Harga Rumput Laut Naik

Produksi Turun, Harga Rumput Laut Naik

60
0
SHARE

Beberapa pekan ini harga komoditas rumput laut mengalami lonjakan tinggi. Kenaikan harga tersebut karena adanya penurunan produksi rumput laut. Diperkirakan produksi rumput laut turun sebab dinamika harga rumput laut yang semakin tinggi

Kenaikan harga rumput laut terjadi pada rumput laut jenis kotonik, harga rumput laut jenis ini saat ini dibandrol dengan harga Rp Rp 18.000 per kilogram (kg). Sebelumnya harga rumput laut kotonik hanya Rp 8.000 per kg. kenaikan ini hampir dua kali lipat. Kenaikan juga terjadi hampir untuk semua jenis rumput laut.

Kenaikan harga rumput laut diklaim karena pasokan yang berkurang, sebab produksi rumput laut anjlok 15%. Penurunan produksi ini disebabkan oleh dua faktor. Faktor pertama karena adanya gagal panen dibeberapa wilayah yang diakibatkan oleh anomali cuaca, curah hujan membuat gagal panen di sejumlah wilayah.

Lalu faktor kedua karena tren harga rumput laut yang turun membuat para petani rumput laut tidak bertani lagi. Sebelumnya rumput laut masuk tren penurunan harga, sehingga harga rumput laut anjlok. Hal ini membuat para petani ada yang menunda produksi rumput laut.

Yang tidak bisa dipungkiri adalah ekspor rumput laut yang mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya. Mengacu pada data Badan Pusat Statistik, ekspor rumput laut periode Januari-September 2017 naik 21,45% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Selain itu, nilai ekspor rumput laut dari Januari-September 2017 sudah mencapai US$ 97,1 juta. Sedangkan periode yang sama pada tahun 2016 sebesar US$ 79,95 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here