Home Info Agribisnis Perkebunan Cara Tepat Budidaya Timun Suri

Cara Tepat Budidaya Timun Suri

1830
0
SHARE

Timun Suri, Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini. timun suri termasuk kedalam jenis buah labu labuan. Di indonesia buah ini sudah populer terutama saat bulan puasa. Karena buah ini sering di cari masyarakat sebagai minuman saat berbuka puasa. Timun suri sering di jadikan sebagai bahan pembuat minuman. Selain segar saat di minum, ternyata buah Timun suri memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. kandungan dalam buah timun suri dapat membantu memperlancar proses pencernaan tubuh, membantu menurunkan berat badan serta mengendalikan kadar gula berlebih dalam tubuh.

Timun suri selain bermanfaat, ternyata timun suri memiliki potensi besar untuk di jadikan peluang bisnis. Salah satunya adalah dengan budidaya timun suri. Budidaya timun suri sangat mudah untuk di lakukan selain itu keuntungan yang di proleh cukup menjanjikan. berikut akan kami berikan ulasan cara budidaya timun suri dengan mudah.

Cara Budidaya Timun Suri

  • Persiapkan Bibit
    Sebelum memulai budidaya timun suri, persiapkan terlebih dahulu bibit timun suri. bibit timun suri bisa anda dapatkan di toko pertanian. usahakan memilih bibit yang masih bagus. Bibit timun suri juga bisa anda dapat sendiri dengan cara, mengambil biji timun suri dari timun suri yang sudah tua setelah itu Jemur biji timun suri selama 1 hari sampai biji benar benar kering.
  • Persiapkan Lahan
    Sebelum anda memulai menanam timun suri, persiapkan terlebih dahulu lahannya. Lahan untuk bertanam harus gembur usahakan lahan sudah di beri pupuk kandang. Di sisi lahan pasang plastik untuk menekan tumbuhnya rumput di sekitar lahan dan juga pengolahan air perlu di perhatikan. Jika sudah di beri pupuk, diamkan kurang lebih 2 hari sebelum akhirnya di tanami bibit timun suri
  • Menanam Benih
    Jika lahan sudah di beri pupuk, kita sudah bisa untuk memulai menanam benih timun suri. masukan benih pada lahan yang sudah di beri lubang sebanyak 2 biji. Lalu siram dengan rutin benih hingga merata dan tunggu hingga tumbuh. Biasanya timun suri akan tumbuh setelah satu minggu penanaman.
  • Perawatan Timun Suri
    Perawatan sangat perlu di perhatikan agar panen timun suri bisa menghasilkan hasil yang bagus dan berkualitas. Lakukan penyiangan jika sudah berumur 7 hari. Tanaman timun suri yang sudah tua sudah bisa untuk melawan gulma dan juga sudah bisa untuk berbuah. Namun gulma memiliki peran penting yaitu sebagai alas saat timun suri sudah berbuah, jadi gulma berperan melindungi buah yang jatuh ke tanah sehingga tidak bersentuhan langsung dengan tanah atau hewan tanah lainnya.
  • Proses Panen
    Timun suri sudah bisa di panen saat berumur 60-70 hari tergantung dari varietas benih. Dalam panen timun suri tidak bisa sekaligus. Lakukan pemanenan secara bertahap kira kira 10 kali proses pengambilan. Setelah di petik jangan lupa buah cuci hingga bersih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here