Home Info Agribisnis Perikanan Seluk Beluk Perikanan di Indonesia

Seluk Beluk Perikanan di Indonesia

749
0
SHARE

Industri Perikanan Di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang dikelilingi perairan luas. Perairan ini menjadi batas-batas bagi banyak pulau Indonesia yang tersebar. Dengan luasnya wilayah laut Indonesia ini tidak hanya memberi keuntungan sebagai objek wisata saja, tapi juga dapat dimanfaatkan sumber daya alamnya. Perairan Indonesia sendiri mengandung beragam jenis biota laut yang memiliki nilai guna dan nilai jual yang tinggi. Sehingga wajar jika Indonesia menjadi salah satu negara penghasil ikan terbesar di dunia.

Industri perikanan di Indonesia sangtlah besar. Bahkan menjadi salah satu roda penggerak perekonomian negara. Karena itu, perlu penanganan yang tepat agar industri ini bisa berkembang dan menjadi salah satu pilar kuat dalam ekonomi Indonesia.

Faktor penunjang perkembangan industri perikanan

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa menjadi anugrah tersendiri bagi Indonesia yang memiliki perairan luas. Masyarakat dan pemerintah bisa mengolah sumber daya lautnya menjadi mata pencaharian dan sumber pendapatan negara. Hal itu pula yang menjadi faktor pendukung berkembangnya industri perikanan di Indonesia. Perairan yang luas menjadi lahan besar untuk bisa dikeruk sumber daya alamnya.

Beragam jenis ikan yang bisa didapatkan dari perairan Indonesia juga menjadi keuntungn tersendiri. Karena ada beberapa jenis ikan yang ternyata hanya bisa didapatkan di Indonesia yang menjadikan harga jualnya lebih mahal. Sehingga selain dikonsumsi sendiri, juga bisa diekspor ke negara lain dan menghasilkan keuntungan. Tidak hanya ikan, beragam biota selain ikan seperti rumput laut juga menjadi salah satu komoditas yang bisa memberikan keuntungan.

Dengan adanya mentri kelautan dan perikanan juga menjadi bentuk dukungan pemerintah untuk mengatur sistem industri perikanan Indonesia. Disamping juga untuk mengatasi berbagai masalah yang muncul dalam industri perikana ini. Baik dari skala kecil seperti kesejahteraan nelayan hingga skala besar pada tingkat ekspor-impor produk laut.

Hambatan perkembangan industri perikanan Indonesia

Luasnya perairan Indonesia ternyata tidak hanya dinikmanti oleh nelayan dan masyarakat Indonesia. Nyatanya banyak kasus dimana nelayan asing ikut menjarah hasil laut Indonesia. Meski sudah ada batas teritorial yang jelas, terkadang hal tersebut diabaikan oleh mereka. Hal ini yang mengakibatkan perolehan ikan nelayan dalam negeri menjadi lebih sedikit. Apalagi nelayan asing biasanya dilengkapi kapal dan peralatan menangkap ikan yang lebih canggih, bahkan yang cenderung berdampak negative seperti penggunaan bom ikan.

Selain itu persebaran penangkapan ikan di dalam negri juga belum merata. Ada bagian perairan yang terlalu banyak dilakukan penangkapan dan ada bagian lain yang justru ditinggalkan. Pada bagian yang terlalu banyak terjadi penangkapan menyebabkan pendapatan ikan bagi nelayan menjadi lebih sedikit. Sedangkan wilayah perairan yang ditinggalkan kebanyakan adalah perairan dalam, dimana justru nelayan asing yang malah mengambil alih.

Karenanya, perlu aturan atau hukum yang lebih tegas lagi untuk menindak para nelayan asing tersebut. Selain itu, pengaturan nelayan di dalam negri juga harus segera dilakukan agar penangkapan ikan merata di seluruh wilayah perairan Indonesia. Sehingga hasil yang didapatkan lebih maksimal dan dapat mensejahterakan kehidupan para nelayan nantinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here