Home Bisnis & Wirausaha 6 Ide Mudah Dalam Menjalankan Bisnis UMKM

6 Ide Mudah Dalam Menjalankan Bisnis UMKM

377
0
SHARE
Doc. PKK Pemkot Depok

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM merupakan jenis usaha yang bisa dimiliki oleh perseorangan maupun sebuah badan usaha yang memiliki jenis usaha yang produktif. UMKM juga merupakan pondasi dasar dalam perekonomian di Indonesia.

Pada masa pandemi Covid-19, sebagian masyarakat mengalami perekonomian yang surut sehingga perekonomian negara pun ikut turun. Dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat, program UMKM kembali digaungkan oleh pemerintah.

Menjalankan UMKM tentu memerlukan ide dan persiapan yang baik agar dapat bersaing dengan usaha lainnya. Selain itu, membuat bisnis juga perlu memperhatikan modal tersedia. Berikut ini 6 ide mudah dalam menjalankan bisnis UMKM yang dapat dijadikan pedoman bagi kitaterutama pada masa pandemi dan era digital.

  1. Pakaian

Bidang pakaian merupakan usaha yang paling diminati oleh masyarakat. Usaha tersebut sangat diminati karena lingkup industrinya sangat luas seperti sepatu, baju, celana, dan lain-lain, khususnya yang dipasarkan secara online.

Pada era digital ini, pemasaran secara online lebih mudah dan dapat menyentuh seluruh wilayah Indonesia. Bisnis bidang pakaian juga tidak perlu khawatir dengan tanggal kadaluarsa  Oleh karena itu, kita dapat membuat usaha dalam bidang pakaian dengan cara membuka toko online.

  1. Kosmetik dan Skin Care

Bisnis usaha kosmetik dan skin care juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk memulai usaha kecil. Hal tersebut karena potensi kosmetik dan skin care sangat tinggi di pasaran khususnya bagi kaum perempuan.

  1. Jasa Foto dan Video

Mayoritas masyarakat sudah mempunyai kamera bahkan dapat mengambil gambar sendiri. Namun, tidak semua orang dapat menghasilkan foto dan video yang bagus. Oleh karena itu bisnis jasa foto dan video perlu dipertimbangkan mengingat potensi usaha ini masih cukup besar.

  1. Make Up Artist (MUA).

Bisnis Make Up Artist (MUA) sangat potensial khususnya pada momen wisuda, pernikahan, lamaran, dll. Oleh karena itu memulai bisnis ini tidak mustahil bagi kita apabila punya kemampuan yang mumpuni.

  1. Kuliner

Makanan atau kuliner adalah bisnis yang sederhana namun peminatnya pasti selalu ada. Oleh karena itu bisnis ini sangat menjanjikan apabila kita mempunyai resep rahasia dan tak perlu modal besar dengan mengandalkan sistem Pre-Order.

  1. Digital marketing

Membuka toko online atau jasa digital marketing juga sangat berpotensi pada era digital seperti ini. Banyak usaha kecil yang tidak terlalu paham dalam melakukan pemasaran secara online. Peluang tersebut dapat dimanfaatkan bagi kita untuk menawarkan jasa pemasaran kepada usaha tersebut.

Simak Juga:  Ide Usaha Industri Kreatif Saat Pandemi Agar Dompet Tak Lesu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here