Home Bisnis & Wirausaha 3 Persiapan Memulai Budidaya Cacing Tanah

3 Persiapan Memulai Budidaya Cacing Tanah

34
SHARE
informasi agribisnis terkini

3 Persiapan Memulai Budidaya Cacing Tanah – Tingginya PHK serta kecilnya daya serap perusahaan untuk menerima karyawan, membuat seseorang harus mulai berpikir kreatif untuk bisa kembali menggerakan roda perekonomian keluarga, salah satunya adalah dengan menggeluti jenis bisnis yang cocok untuk pemula.

Bisnis budidaya merupakan salah satu jenis usaha yang jarang diminati oleh seseorang, selain karena tidak berada dilingkungan yang bersih, media yang dibutuhkan oleh seorang peternak haruslah cukup luas. Padahal, apabila ditinjau dari jenis budidayanya, banyak jenis budidaya yang tidak membutuhkan lokasi yang besar, salah satunya adalah budidaya cacing tanah.

Persiapan memulai Budidaya Cacing Tanah

Budidaya cacing tanah merupakan hal yang mungkin cukup asing di beberapa orang di masyarakat. Padahal budidaya cacing tanah merupakan salah satu jenis usaha yang sangat mudah, tidak membutuhkan modal yang besar. dalam persiapan memulai budidaya cacing tanah, tidaklah rumit serta memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Simak Juga:  Maksimalkan Cuan di Bisnis Pakaian Saat Lebaran

Untuk melakukan persiapan memulai budidaya cacing tanah, seseorang tidak membutuhkan lahan yang besar dan perawatan yang rumit, berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai budidaya cacing tanah :

  1.  Menyiapkan media ternak cacing tanah

Seperti yang telah dijelaskan pada poin pembahasan terkait persiapan memulai budidaya cacing tanah diatas, media ternak cacing tanah tidak membutuhkan waktu yang besar. Kita cukup menyiapkan Box bekas berukuran 90 x 50 x 36 cm yang diisi dengan tanah lembab dengan ketinggian sekitar 5 sampai 10 cm.

Untuk jenis tanahnya sendiri, karena cacing membutuhkan nutrisi yang banyak, maka jenis tanah yang digunakan harus tanah humus. Apabila dirasa kurang nutrisi, bisa langsung ditambahkan pupuk kompos maupun pupuk kandang secukupnya pada box tersebut.

setelah memastikan bahwa kondisi tanah dan ketinggian tanah sudah siap, maka simpan box di lokasi yang tidak terkena matahari secara langsung, hal ini diperlukan agar media tanah tidak rusak dan kering

  1.  Menyiapkan Bibit cacing Tanah berkualitas
Simak Juga:  Sekolah Agribisnis Unggulan di Indonesia, Siapa Tahu Anda Tertarik

Persiapan memulai budidaya cacing tanah yang kedua adalah mengetahui dengan baik jenis dan kualitas cacing. Mengetahui terkait jenis cacing yang akan dibudidaya dan kualitas merupakan hal yang sangat penting, hal ini dikarenakan kualitas hasil sangat ditentukan oleh jenis bibit yang digunakan.

  1.  Memindahkan bibit cacing tanah

Setelah memperbanyak jumlah bibit cacing melalui proses perkembangbiakan, maka kita telah siap untuk memindahkan bibit cacing ke media budidayanya. Apabila belum mendapatkan bibit melalui hasil perkembangbiakan, maka kita hanya perlu membeli atau memilih bibit cacing dengan kualitas terbaik seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Demikian pembahasan terkait 3 Persiapan Memulai Budidaya Cacing Tanah, diharapkan mampu memberikan gambaran secara umum terkait apa saja proses yang harus dilakukan sebelum menyelami budidaya cacing.