Home Info Agribisnis Peternakan Waspada Penyakit ND Pada Unggas di Musim Pancaroba

Waspada Penyakit ND Pada Unggas di Musim Pancaroba

36
0
SHARE
disnak.sumbarprov.go.id

Pada musim peralihan atau pancaroba seperti ini, selain kesehatan manusia yang terganggu namun juga dapat berdampak pada produktivitas ternak khususnya unggas. Perubahan cuaca yang ekstrem dan tidak stabil pada musim pancaroba dapat mempengaruhi kekebalan tubuh unggas sehingga mudah terserang penyakit.

Penyakit yang sering menyerang unggas pada musim pancaroba adalah Newcastle Disease (ND). Penyakit ND atau lebih dikenal tetelo merupakan penyakit yang menyerang pernafasan pada unggas dan bersifat menular dengan cepat pada unggas lainnya khususnya pada ayam.

Penularan ini melalui leleran tubuh dan penularannya dapat secara langsung pada ayam atau tidak langsung seperti melalui alat atau pekerja yang sudah tercemar virus tersebut. Produktivitas ternak akan terganggu karena dapat menjadikan ayam sakit bahkan mati apabila tidak segera ditangani.

Tanda-tanda unggas yang terkena penyakit ini adalah unggas terlihat lesu, peningkatan frekuensi pernafasan pada unggas, kehilangan nafsu makan, dan penurunan konsumsi air. Apabila sudah terlihat tanda-tanda seperti ini segera lakukan penanggulangan seperti memberikan antibiotik dan vitamin.

Selain penanggulangan, lakukan pula pencegahan dengan memberikan asupan pakan yang cukup baik jumlah maupun kualitasnya, memberikan suplemen tambahan, mempersiapkan sarana penunjang yang memadai, dan memperbaiki manajemen produksi. Hal tersebut dapat mencegah unggas terkena serangan penyakit pada musim pancaroba.

Para peternak juga diharapkan untuk rutin membersihkan kandang menggunakan desinfektan dan melakukan perbaikan pada kandang agar hewan terlindungi dari cuaca yang tidak stabil.

Simak Juga:  Penanganan Stres Pada Unggas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here