Home Info Agribisnis Perkebunan Bulan Depan Harga Minyak Sawit Bisa Melonjak

Bulan Depan Harga Minyak Sawit Bisa Melonjak

102
0
SHARE

Pada bulan September ini, Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit dan minyak sawit mentah crude palm oil (CPO) nasional sudah terpantau stabil dampak positif dari adanya aturan mandatori perluasan biodisel 20% atau B20. Sehingga diprediksikan pada Oktober nanti harga TBS dan CPO akan mengalami kenaikan mengikuti tren positif.

Saat ini harga TBS di Riau untuk tingkat perusahaan kelapa sawit berada diharga Rp.1300 perkg, sementara untuk CPO olahan berada dikisaran Rp.6.700 perkg. Harga ini sudah cukup membaik jika dibandingkan dengan harga pada bulan Agustus lalu yang berada di kisaran Rp 1.140 – Rp 1.280 perkg.

Harga yang stabil merupakan imbas dari aturan baru terkait biodisel, sehingga pada bulan depan diperkirakan akan mengalami kenaikan yang signifikan. Namun petani sudah mendapatkan keuntungan karena harga sudah tidak anjlok lagi.

Diperkirakan pada Oktober nanti harga TBS bisa berada pada harga 1.500 perkg dan harga CPO dikisaran Rp 7.000 perkg. Dengan asumsi aturan mandatori B20 bisa berjalan dengan baik sehingga pemakaian komersial dan industri menjadi lebih banyak.

Dengan begitu tren harga minyak sawit akan mengalami kenaikan dan memberikan harapan untuk para petani rakyat karenba sebelumnya harga sempat anjlok akibat suplai minyak sawit dunia yang melonjak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here