Home Info Agribisnis Perkebunan Cara Menanam Kangkung dan Bayam Menggunakan Hidroponik

Cara Menanam Kangkung dan Bayam Menggunakan Hidroponik

40
0
SHARE
menanam kangkung dan bayam dengan hidroponik
sumber gambar: distan.bulelengkab.go.id

Hidroponik merupakan salah satu teknik budi daya tanaman tanpa adanya media tanah. Media yang digunakan dalam teknik ini adalah air. Tanam kangkung dengan hidroponik merupakan salah satu pengaplikasian air sebagai media tanam tumbuhan tersebut. Tidak hanya itu, hidroponik juga dapat digunakan untuk budi daya tanaman bayam, tomat, selada air, sawi, dan tanaman lainnya.

Lalu, bagaimana tahapan budi daya tanaman menggunakan sistem hidroponik ini? Apa sajakah yang perlu dipersiapkan? Simak penjelasan berikut ini.

Tahap Penanaman Kangkung dan Bayam dengan Hidroponik

Berikut merupakan tahapan penanaman kangkung dan bayam dengan sistem hidroponik, diantaranya:

  1. Persiapan bibit tanaman

Langkah awal yang perlu dipersiapkan adalah penentuan bibit tanaman yang akan ditanam. Pada tahap ini, perlu dipilih bibit unggul super supaya hasil tanaman budi daya pun berkualitas. Pemilihan ini dapat didasarkan pada masa kadaluwarsa benih tanaman dengan jangka waktu yang panjang.

  1. Persiapan media tanam
Simak Juga:  Mau Bisnis Tanaman Hias untuk Rumah? Simak Tips Ini Dulu Ya

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menyiapkan media untuk tanaman. Media ini berupa air namun terdapat beberapa hal yang berbeda dengan penanaman tanaman biasa. Pada teknik hidroponik ini digunakan beberapa nutrisi tambahan disertai dengan pengontrolan pH media.

  1. Proses penanaman

Pada tahap ini, dilakukan penyemaian tanaman terlebih dahulu. Bibit dari tanaman kangkung dan bayam akan diletakkan pada media tanam awal yang berupa spons. Pada tahap ini, bibit tanaman tersebut juga diberikan air beserta nutrisi untuk tumbuh kembangnya.

Setelah dilakukan penyemaian hingga tanaman tampak tumbuh kecambah bahkan muncul daun kecil barulah tanaman tersebut dipindahkan ke media yang lebih besar ukurannya.

  1. Proses perawatan dan pemeliharaan
Simak Juga:  Suka Menanam Tanaman? Berikut Tips Hidroponik Untuk Pemula

Pada proses ini, tanaman sudah ada di dalam wadah atau tempat hidroponik bertingkat disertai dengan aliran air dan nutrisi. Pada tanam bayam dengan hidroponik maupun tanaman lainnya diperlukan perhatian lebih pada pengukuran dan pengontrolan pH air dan nutrisi yang mengalir pada sistem hidroponik tersebut. Hal ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan tanaman sehingga memberikan hasil berkualitas.

  1. Pemanenan

Pada tahap pemanenan, dilakukan seperti pemanenan pada umumnya. Pada tahap ini, biasanya akar pada tanaman akan diikut sertakan saat proses pengemasan menggunakan plastik.

Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai tanam kangkung dengan hidroponik beserta tanaman bayam. Metode ini dapat menghasilkan hasil tanam tanpa adanya pestisida serta memperoleh hasil yang lebih banyak dengan lahan pertanian yang minimal. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here