Home Data & Statistik Daftar Kabupaten/Kota Berawalan Huruf H: Riwayat Daerah di Indonesia

Daftar Kabupaten/Kota Berawalan Huruf H: Riwayat Daerah di Indonesia

443
0
SHARE
kota berawalan huruf h

Setelah sebelumnya kita membahas kota dan kabupaten berawalan huruf G, saatnya kita mulai menjajaki kota dengan huruf H. Menguraikan secara lengkap profil 3 kabupaten dan kota berawalan huruf H di Indonesia, yakni Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan Kabupaten Halmahera Tengah.

Profil Kabupaten Humbang Hasundutan

Humbang Hasundutan merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Utara yang diresmikan pada 28 Juli 2003 lalu.

Saat ini, Bupati Humbang Hasundutan dijabat oleh Dosma Banjarnahor. Sedangkan wakilnya dijabat oleh Saut Parlindungan Simamora.

Luas wilayahnya sendiri tercatat hingga 251.765,93 Ha. Dimana terdiri dari 10 kecamatan, 153 desa, dan 1 kota.

Ibukota Humbang Hasundutan berada di Doloksanggul dengan luas area  mencapai 20.929,53 Ha yang mana sekaligus menjadi pusat jalannya perekonomian di kabupaten ini.

Simak Juga:  Kota Berawalan Huruf M: Menelusuri Indonesia

Secara demografi, jumlah penduduknya di tahun 2017 sebesar 186.694 jiwa dengan mayoritas masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani kopi dan cabe yang menjadi komoditas utamanya.

Profil Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Kabupaten Hulu Sungai Selatan adalah salah satu diantara beberapa kabupaten yang berada di Kalimantan Selatan. Saat ini, bupatinya dijabat oleh Drs. H. Achmad Fikry, M.AP.

Ibukota Hulu Sungai Selatan yang sekaligus sebagai pusat pemerintahan dan perekonomiannya berada di Kecamatan Kandangan.

Luas wilayahnya secara keseluruhan mencapai 1.703 km² dengan jumlah penduduk keseluruhan sekitar 237.702 jiwa pada tahun 2019.

Sementara itu di sisi lain, Kabupaten Hulu Sungai Selatan sendiri terdiri atas 11 kecamatan, 4 kelurahan dan 114 desa.

Mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani perkebunan dan sebagian lainnya buruh dengan hasil perkebunan karet sebagai komoditas utamanya.

Simak Juga:  Kabupaten Berawalan N : Sejarah Pembentukan Daerah di Indonesia

Profil Kabupaten Halmahera Tengah

Halmahera Tengah menjadi kabupaten yang letaknya berada di Pulau Halmahera sebagai pulau paling luas di Provinsi Maluku Utara di antara beberapa pulau kecil lainnya.

Bupatinya dijabat Drs. Edi Langkara M.H dan Abdurahim Odeyani sebagai wakilnya.

Luas wilayah Kabupaten Halmahera Tengah 2276,86 km2 yang meliputi 10 kecamatan dan 61 desa dengan 37 pulau kecil. Hanya saja, ada dua pulau saja yang dihuni penduduk, yakni Pulau Gebe dan Pulau Yoi.

Populasinya berjumlah 76.864 jiwa dengan total kepadatan 33.75 jiwa/km persegi.

Sementara itu, untuk letak dari Ibukota Halmahera Tengah ini berlokasi di Kecamatan Weda yang menjadi pusat pemerintahan dan juga pariwisata.

Demikian profil 3 kabupaten di Indonesia yang bisa menjadi sumber referensi untuk Anda semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here