Home Data & Statistik Kota Berawalan Huruf I: Tentang Wilayah Indonesia

Kota Berawalan Huruf I: Tentang Wilayah Indonesia

1096
0
SHARE
kota berawalan huruf i
Sumber Gambar: wikipedia

Dari pembahasan kota berawalan huruf H sebelumnya, kita beralih ke daftar kota berawalan huruf I berikut ini. Uraian singkat dan padat mengenai profil 3 kabupaten di Indonesia, yaitu Kabupaten Indramayu, Kabupaten Indragiri Hilir, dan Kabupaten Intan Jaya.

Profil Kabupaten Indramayu

Indramayu menjadi satu dari beberapa kabupaten yang berkawasan di Provinsi Jawa Barat.

Letak Kabupaten Indramayu sendiri cukup strategis karena berlokasi di sepanjang pesisir Pantai Utara Jawa dengan luas wilayah keseluruhan mencapai 204.011 Ha.

Sedangkan untuk jumlah populasi penduduknya sangat besar hingga 1.795.372 jiwa dan memiliki 31 kecamatan serta 313 desa.

Untuk Bupati Kabupaten Indramayu sendiri saat ini dijabat oleh Bambang Tirtoyuliono.

Sementara itu, mayoritas masyarakat Indramayu bekerja sebagai petani dengan komoditas hasil pertaniannya adalah padi. Mengingat, sebagian besar wilayahnya memang berupa lahan sawah yang digunakan untuk bertani.

Tak hanya itu, kabupaten asal Jawa Barat ini juga memiliki hasil perkebunan yang cukup terkenal, yaitu buah mangga dengan jenis khasnya Mangga Gedong Gincu.

Simak Juga:  Kabupaten/Kota Berawalan Huruf O : Optimisme Masyarakat Indonesia

Maka, tak heran dengan hasil perkebunan mangga yang populer tersebut maka b Kota Indramayu terkenal dengan sebutan Kota Mangga.

nama kabupdate dari huruf i
Sumber Gambar: inhilkab.go.id

Profil Kabupaten Indragiri Hilir

Kabupaten Indragiri Hilir menjadi nama kabupaten yang masuk di kawasan Provinsi Riau.

Lokasi atau wilayahnya mempunyai luas hingga 11.605,97 km2 yang mana terdiri dari 20 kecamatan, 30 kelurahan serta 198 desa.

Wilayah ini terbilang sangat strategis karena bersebelahan dengan Malaysia dan Singapura sekaligus menjadi ladang bagi para investor yang bergerak di berbagai industri hilir.

Populasi penduduk yang tinggal di Indragiri Hilir sendiri mencapai 629.841 jiwa pada tahun 2019.

Sementara itu, dalam struktur pemerintahannya, Bupati Indragiri Hilir dijabat oleh Drs. H. Muhammad Wardan, M.P. Sedangkan, Wabup dijabat H. Syamsuddin Uti.

Ibukota Indragiri Hilir berada di Kecamatan Tembilahan yang memiliki luas wilayah hingga 197.37 km².

Mata pencaharian penduduknya cukup beragam, mulai dari sektor pertanian, peternakan, dan perikanan perkebunan hingga pertambangan yang terus berkembang sampai saat ini.

Simak Juga:  Kota Berawalan Huruf K: Kekayaan Area Indonesia

Profil Kabupaten Intan Jaya

Kabupaten Intan Jaya merupakan kabupaten yang berada di Provinsi Papua yang telah diresmikan oleh Mendagri Mardiyanto pada Oktober 2008.

Gambaran umum Kabupaten Intan Jaya, secara wilayah memiliki luas ±790.996,8 ha yang didominasi kawasan dataran tinggi dan memiliki populasi penduduk hingga 49.293 jiwa yang terdiri dari 8 kecamatan (distrik) serta 97 desa.

Bupati Intan Jaya saat ini dijabat oleh Natalis Tabuni dan Wakil Bupatinya Yann Kobogoyauw dengan pusat pemerintahannya berada di Kecamatan Sugapa.

Saat ini, jumlah penduduk yang tinggal di Kabupaten Intan Jaya berjumlah 49.293 jiwa yang mayoritas memadati pusat kota.

Potensi daerah yang dimiliki Intan Jaya didominasi dari hasil pertanian serta perkebunan. Bahkan, menjadi salah satu eksportir komoditas sayur dan buah-buahan ke berbagai negara maupun luar daerah.

Profil 3 kabupaten di Indonesia tersebut merupakan penjelasan singkat mengenai keadaan geografis, jumlah penduduk, dan juga mata pencahariannya sebagai referensi untuk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here