Home Info Agribisnis Perikanan Prospek dan Cara Memulai Bisnis Ikan Cupang Bagi Pemula

Prospek dan Cara Memulai Bisnis Ikan Cupang Bagi Pemula

105
0
SHARE
gambar ikan cupang untuk bisnis pemula

Jika Anda berniat untuk memulai bisnis, mungkin Anda kebingungan memilih jenis bisnis yang paling cocok. Rekomendasi terbaik yang bisa Anda coba rintis yaitu bisnis ikan cupang.

Mengapa harus bisnis ikan cupang? Bagaimana prospek dan cara memulai bisnis ini? Temukan jawaban pertanyaan Anda di sini.

Daftar Isi

Prospek Bisnis Ikan Cupang

Bisnis budidaya ikan cupang saat ini banyak dilirik dan digeluti para pebisnis. Hal ini bukan tanpa alasan, karena kabarnya bisnis ikan cupang 2021 ini bisa menghasilkan omset hingga ratusan juta rupiah per bulannya.

Selain itu pasar yang tersedia untuk bisnis ini sangatlah luas. Dengan teknologi internet Anda bisa menjalankan bisnis ikan cupang online sekaligus bisnis ikan cupang rumahan. Ini menjadi cara menjual ikan cupang agar laris. Jadi, konsumen semakin cepat menemukan bisnis ikan cupang Anda.

Peminat ikan hias kecil ini semakin banyak, keragaman bentuk sirip dan warna ikan dari ikan cupang sukses menarik para konsumen.

Bahkan telah ada komunitas pecinta ikan cupang yang kerap kali juga mengadakan kontes ikan cupang. Untuk bisa terjun  pada Bisnis dengan prospek menjanjikan ini, tidak diperlukan keahlian khusus. Jadi, Anda bisa segera memulai bisnis ikan hias ini saat modal telah siap.

Terlebih lagi, Anda tidak perlu menyediakan tempat yang luas untuk bisa berjualan ikan cupang dan modal yang dibutuhkan juga tidak banyak. Bagi bisnis ikan cupang pemula seperti Anda, Anda bisa memulai bisnis ini hanya dengan modal Rp500 ribu.

Bagaimana Memulai Bisnis Ikan Cupang?

Dengan modal Rp500 ribu Anda sudah bisa mencari dan membeli indukan ikan cupang. Perlu diperhatikan untuk memilih indukan yang unggul dan jenis ikan cupang yang banyak dicari pecinta ikan cupang.

Spesies ikan cupang yang bernilai jual tinggi dan populer di pasaran. Di antaranya, betta smaragdina, betta stiktos, betta imbellis, betta splendens, serta betta mahachai.

Saat bisnis Anda mulai berkembang, Anda bisa memperbanyak jenis ikan cupang yang mahal untuk meningkatkan omset. Seperti jenis ikan cupang double tail, kachen worachai, dan lain-lain

bisnis ikan cupang

Cara mengembangbiakkan dan cara merawat ikan cupang cukup mudah. Sebagai tempat pemijahan indukan ikan cupang. Anda cukup menyediakan wadah seperti toples ataupun akuarium kecil berukuran 20x20x20 cm.

Masukkan indukan cupang yang siap dikawinkan ke dalam wadah berisi air sungai dan sedikit tumbuhan air. Untuk makanan ikan cupang, Anda bisa memberikan ikan salmon, spirulina, suplemen, dan sebagainya.

Proses Pemijahan hanya membutuhkan waktu satu hari dan telur-telur hasil pemijahan akan menetas dalam waktu 3 hari. Dalam waktu 1 hingga 1,5 bulan, ikan siap dijual dengan harga ikan cupang yang disesuaikan dengan jenisnya.

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Ikan Cupang

Anda bisa menerapkan berbagai strategi penjualan agar bisnis ikan cupang Anda lebih cepat menghasilkan keuntungan.

Keuntungan utama dari budidaya ikan cupang adalah mudah dipelihara dan tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan. Tanpa menggunakan aerator pun, ikan cupang dapat bertahan hidup.

Keuntungan lainnya yaitu ikan cupang memiliki harga yang cukup tinggi tergantung jenisnya.

Di sisi lain, kerugian yang umum dialami pebisnis ikan cupang yaitu penjualan ikan yang musiman. Hal ini dikarenakan tidak setiap hari konsumen akan membeli ikan cupang.

Itulah ulasan singkat mengenai bisnis ikan cupang. Untuk memulainya cukup mudah, bukan? Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda sekaligus semakin  memotivasi Anda untuk segera memulai bisnis ikan cupang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here