Home Bisnis & Wirausaha Ide Usaha Industri Kreatif Saat Pandemi Agar Dompet Tak Lesu

Ide Usaha Industri Kreatif Saat Pandemi Agar Dompet Tak Lesu

99
0
SHARE
ide usaha industri kreatif saat pandemi

Kondisi keuangan di masa pandemi seperti ini tentu harus diselamatkan dan salah satunya bisa dengan menjalankan usaha industri kreatif saat pandemi.

Sesuai namanya, industri kreatif merupakan proses penciptaan, kreativitas serta ide yang bisa menghasilkan karya dan bisa dijadikan produk ekonomi yang menghasilkan.

Hingga saat ini, sudah ada banyak contoh industri kreatif di Indonesia dan itu meliputi berbagai bidang termasuk fashion, musik dan arsitektur.

Walaupun banyak usaha yang telah berdiri, namun bukan berarti kesempatan Anda untuk bergabung dengan mereka tertutup rapat. Anda bisa memulai usaha kapan saja, dan di masa pandemi ini, beberapa ide usaha kreatif berikut ini bisa dijadikan pilihan.

  1. Usaha Catering Rumahan

    Karena adanya pandemi, usaha catering rumahan menjadi usaha yang banyak diminati. Sebab, ada banyak masyarakat yang menghabiskan jam makannya mulai dari sarapan, makan siang hingga makan malam di rumah. Sementara pada kenyataannya tidak semua orang bisa memasak.

    Tidak semua orang juga punya waktu untuk memasak. Jadi, di sinilah Anda bisa tampil memberikan solusi pada orang-orang yang seperti itu. Namun, jika bisnis Anda hanya usaha catering rumahan biasa, mungkin orang tidak akan tertarik. Maka dari itu, pastikan Anda menerapkan kreativitas jika ingin memulai usaha ini.

  2. Kurir

    Sekarang sudah new normal, namun aktifitas yang boleh dilakukan di luar rumah disarankan hanya yang penting-penting saja seperti bekerja atau berbelanja kebutuhan pokok. Selain dari itu, disarankan agar tetap di rumah untuk meminimalisir penularan virus.

    Pada kondisi seperti ini, tidak heran jika jasa kurir banyak dicari untuk mengantarkan barang ataupun mengambil barang. Namun agar Anda tidak kerepotan, berikan batasan pada jenis barang yang diantar dan juga cakupan wilayahnya.

    Misalnya spesialis antar makanan basah di tempat tertentu dengan harga terjangkau.

  3. Produksi New Normal Essentials

    Protokol kesehatan wajib diperhatikan jika ingin beraktifitas di luar rumah. Untuk itu, masyarakat membutuhkan alat pelindung dan Anda bisa memproduksi kebutuhan-kebutuhan itu. Contohnya dengan memproduksi masker kain, sarung tangan, face shield dan perangkat pelindung lainnya.

    Namun, agar bisa bersaing dengan pelaku usaha lainnya, pastikan untuk menerapkan ide ekonomi kreatif. Contohnya membuat masker kain custom dengan foto idola. Atau membuat masker yang masih memungkinkan lawan bicara untuk melihat gerak mulut orang yang berbicara.

  4. Membuka Online Shop

    Kalau selama musim pandemi seperti ini, ada baiknya jika online shop Anda menjual produk-produk yang sekiranya dibutuhkan oleh orang-orang. Contohnya ya seperti sebelumnya, alat pelindung kreatif yang belum banyak dijual oleh orang lain.

    Selain ide usaha industri kreatif saat pandemi di atas, Anda juga bisa mencoba ide usaha yang lainnya. Misalnya dengan menjadi pengajar online khusus di bidang yang Anda pahami. Nah, dari berbagai ide yang ada, Anda tertarik untuk mencoba yang mana?

Simak Juga:  Realisasi Wajib Tanam Bawang putih turun, Dirut Jendral Hortikultura : “Baru 30%”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here