Home Info Agribisnis Perkebunan Mau Bisnis Tanaman Hias untuk Rumah? Simak Tips Ini Dulu Ya

Mau Bisnis Tanaman Hias untuk Rumah? Simak Tips Ini Dulu Ya

44
0
SHARE
ide bisnis tanaman hias di rumah
sumber gambar: mediacenter.temanggungkab.go.id

Masa pandemi seperti saat ini membuat banyak orang harus memeras otak memikirkan cara untuk mendapatkan penghasilan. Sebenarnya solusinya tidak begitu sulit, buka bisnis saja. Karena ada banyak bisnis yang bisa dicoba termasuk bisnis tanaman hias untuk rumah. Mengapa?

Karena setelah disarankan untuk di rumah saja, ada banyak orang yang memulai hobi baru termasuk berkebun dan memelihara tanaman hias. Jadi, kenapa Anda tidak menganggap hal ini sebagai peluang saja? Namun, kalau memang tertarik melakukannya, simak tips ini dulu ya.

  1. Tentukan Jenis Tanaman Hias dan Lokasi Penjualan

    Menentukan jenis tanaman hias apa yang akan dijadikan objek bisnis bisa saja memusingkan. Namun, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada tanaman hias yang tengah populer saat ini hingga beberapa waktu yang akan datang.

    Hanya saja catatannya adalah memilih tanaman hias itu juga jangan asal yang populer saja. Pilih yang benar-benar sesuai dengan lokasi penanaman dan penjualan untuk mengurangi risiko kegagalan.

    Lalu soal lokasi penjualan, bisa di mana saja asalkan strategis dan mudah dijangkau oleh mereka yang memerlukan tanaman yang Anda tawarkan. Bisa di tepi jalan atau di tempat ramai lainnya.

  2. Miliki Pengetahuan Seputar Tanaman Hias

    Sebelum memulai bisnis bunga hidup, pastikan Anda mempunyai pengetahuan seputar tanaman hias. Pengetahuan ini meliputi jenis, cara tanam bahkan sampai proses produksi atau setidaknya pengetahuan tentang cara supaya tanaman tidak mati sebelum laku terjual.

    Penting juga untuk Anda mengetahui hama serta penyakit yang bisa menjangkit tanaman hias pilihan. Cari tahu pula apa tanda-tanda jika tanaman hias sudah terkena hama dan penyakit serta cara untuk mengatasinya.

  3. Pastikan Keamanannya dan Sediakan Sarana Penunjang Lainnya

    Walaupun bisnis Anda hanyalah bisnis tanaman hias mawar atau tanaman hias lainnya, namun Anda tetap harus memastikan keamanannya. Karena kalau tidak, bisa-bisa jualan Anda dicuri atau dirusak oleh orang lain.

    Terus, jangan lupa untuk menyediakan sarana penunjang. Misalnya tempat untuk budidaya tanaman, ruang tempat penyimpanan tanaman yang siap jual, ruang display dan lain sebagainya. Termasuk juga lahan parkir untuk calon pelanggan, ini juga hal yang perlu Anda pikirkan.

  4. Promosi

    Sehebat apapun rancangan ide bisnis tanaman hias Anda, tentu tidak akan berguna jika tidak disertai dengan promosi atau pemasaran. Karena dengan promosi inilah calon konsumen bisa mengetahui dan mengenal bisnis Anda.

    Pada dasarnya, ada banyak tanaman hias yang bisa Anda pilih untuk dijadikan bisnis. Akan tetapi, sebelum memulai bisnis tanaman hias untuk rumah, pastikan Anda sudah memahami berbagai tips di atas terlebih dahulu ya. Agar lebih afdol, minta saran juga pada orang-orang yang sudah ahli dalam hal ini.

Simak Juga:  Suka Menanam Tanaman? Berikut Tips Hidroponik Untuk Pemula

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here