Home Bisnis & Wirausaha Jadi Ujung Tombak Perkembangan UMKM, Menkop UKM Dorong Pertumbuhan Startup

Jadi Ujung Tombak Perkembangan UMKM, Menkop UKM Dorong Pertumbuhan Startup

26
0
SHARE
sumber gambar: humbanghasundutankab.go.id

Menkop UKM Teten Masduki dalam siaran resmi tanggal 24 Desember 2020, menyatakan bahwa startup diharapkan menjadi katalis dan juga akselerator dalam bagi Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM agar UMKM dapat berkembang lebih cepat.

Hal inilah yang membuat Menkop UKM berpendapat bahwa keberadaan startup baru sangat penting. Pihaknya juga berkomitmen untuk terus mendorong wirausahawan baru berdasarkan RPJMN 2020 – 2024.

Startup yang disasar adalah startup yang memiliki inovasi tinggi, unggul dan memiliki daya saing. Dalam siaran resmi yang dilakukan bersama dengan Senior Advisor dan Direktur GBC atau Green Business Center yaitu Meliadi Sembiring dan Lee Jong Soon, Teten menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan upaya-upaya guna mendorong kemunculan startup baru dengan beberapa cara yaitu :

  • Membangun situasi yang mendukung kemunculan startup baru
  • Memperbanyak inkubator untuk calon wirausahawan baru
  • Dan juga meningkatkan kemudahan dalam mengakses pembiayaan baru wirausahawan baru.
Simak Juga:  Hal yang Harus Anda Geluti pada Masa Pandemi

Guna melancarkan tujuannya untuk meningkatkan kemunculan startup baru ini Teten memulainya dengan memudahkan akses dari UMKM maupun startup baru dalam mendapatkan inkubasi dari lembaga inkubator yang dibutuhkannya.

Dalam siaran resmi tersebut, Teten juga beranggapan bahwa peran lembaga inkubasi dalam mendorong tingginya daya tarik masyarakat untuk membangun usaha baru sangat penting. Terlebih untuk usaha yang kini tengah berkembang pesat seperti :

  • Usaha dengan basis teknologi
  • Usaha yang berwawasan lingkungan
  • Usaha eksportir
  • Dan juga usaha industri kreatif.

Hal-hal yang disebutkan di atas merupakan hal-hal yang dirasa penting oleh Teten sebagai salah satu reaksi dari revolusi industri 4.0 yang makin besar gemanya di era digitalisasi seperti sekarang ini.

Simak Juga:  Belajar Bercocok Tanam di Tempat Wisata Jakarta Baru, Agro Eduwisata Ragunan

Ide-ide yang dimiliki oleh Teten ini dianggap sangat mendukung perkembangan dan hubungan sinergi antara pemerintah dan juga pelaku start up. Akan tetapi pihaknya tidak menutup kemungkinan dan selalu mendorong pihak-pihak lain untuk ikut membangun hubungan dan harmoni antara pemerintah dengan startup baru dengan memberikan ide dan inisiatif yang kreatif agar pertumbuhan ekonomi di Indonesia makin baik dan semakin merata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here