Home Opini Kapolri Puji Langkah Menteri Pertanian

Kapolri Puji Langkah Menteri Pertanian

4
SHARE

Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, memberikan dukungannya kepada Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, dalam upaya mencapai swasembada pangan melalui program pompanisasi dan optimalisasi. Kapolri Listyo Sigit optimis dengan langkah-langkah yang diambil oleh Amran dalam mencapai swasembada pangan di Indonesia, mengingat keahlian Amran dalam mewujudkan hal tersebut.

Dalam pernyataannya, Kapolri Listyo mengungkapkan bahwa ia menyambut baik kerjasama tersebut dan memberikan dukungan penuh terhadap langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Menteri Pertanian selama beberapa bulan terakhir. Listyo juga menyebut Amran sebagai sahabatnya dan mendukung upaya mencapai swasembada pangan.

Menteri Pertahanan Menurut Jenderal Kapolri

Menurut Listyo, Amran adalah seorang pemimpin yang teguh pada prinsip dan memiliki idealisme dalam meningkatkan produksi dalam negeri. Hal ini terlihat dari kebijakan dan langkah-langkah yang selalu anti terhadap impor. Listyo menyebut Amran telah lama menjadi sosok yang anti impor, sehingga ketika ada urusan impor, Menteri Perdagangan yang mengatur kebijakan tersebut. Listyo menegaskan bahwa hal ini menunjukkan bahwa Amran sangat menekankan peningkatan produksi dalam negeri.

Simak Juga:  Gangguan Rantai Pasokan Beras Berpengaruh Pada Harga Beras

Sebagai bentuk komitmen, Kapolri Listyo mengatakan bahwa kepolisian siap untuk mengawal berbagai kegiatan Kementerian Pertanian melalui pengerahan Kapolda, Kapolres, dan anggota babinkamtibmas yang tersebar di seluruh Indonesia. Listyo menyebut bahwa mereka memiliki personel yang dapat digunakan, seperti Kapolda, Gubernur, Kapolres, Bupati, dan anggota babinkamtibmas serta Brimob yang telah terlibat dalam penggarapan tanaman jagung. Listyo juga menyampaikan pesan Presiden bahwa kita harus bekerja keras untuk menghadapi situasi ini agar masalah pangan dapat diatasi bersama.

Menteri Pertanian Berterima Kasih Atas Pujian yang Diberikan

Di sisi lain, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Kapolri terhadap pembangunan pertanian nasional. Amran menganggap dukungan tersebut sebagai energi bagi masa depan pertanian di Indonesia.

Program Kementerian Pertanian

No. Program Penjelasan
1 Program Swasembada Pangan Program ini bertujuan untuk mencapai swasembada pangan di Indonesia, dengan fokus pada peningkatan produksi dan ketersediaan pangan dalam negeri.
2 Program Pengembangan Benih Program ini bertujuan untuk mengembangkan benih unggul yang berkualitas tinggi, sehingga dapat meningkatkan produktivitas pertanian di Indonesia.
3 Program Peningkatan Gizi Program ini berfokus pada peningkatan gizi masyarakat melalui pendekatan edukasi, distribusi pangan bergizi, dan pengembangan pola makan sehat.
4 Program Pengembangan Peternakan Program ini bertujuan untuk mengembangkan sektor peternakan, termasuk sapi, kambing, ayam, dan ikan, guna meningkatkan produksi hewan ternak di Indonesia.
5 Program Pengembangan Perkebunan Program ini fokus pada pengembangan sektor perkebunan, seperti kelapa sawit, karet, teh, dan kopi, untuk meningkatkan produksi dan nilai ekonomi.
6 Program Pengembangan Pertanian Organik Program ini mendorong pengembangan pertanian organik sebagai alternatif yang ramah lingkungan dan meningkatkan nilai tambah produk pertanian.
7 Program Pengendalian Hama dan Penyakit Program ini bertujuan untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman secara efektif agar tidak mengganggu produksi pertanian.
8 Program Peningkatan Akses Pasar Program ini menjembatani antara produsen pertanian dengan pasar, melalui penyediaan infrastruktur, pelatihan, dan pendampingan untuk meningkatkan akses pasar bagi petani.
9 Program Penguatan Kelembagaan Pertanian Program ini fokus pada penguatan kelembagaan pertanian, termasuk pembentukan kelompok tani, peningkatan kapasitas petani, dan dukungan kelembagaan lainnya.
Simak Juga:  PLN Membantu Warga di Sektor Pertanian

Dengan adanya dukungan dari Kapolri, diharapkan upaya mencapai swasembada pangan dapat berjalan dengan baik. Kepolisian akan turut serta dalam pengawalan kegiatan Kementerian Pertanian untuk memastikan kelancaran dan keberhasilan program-program yang dilaksanakan. Dengan kerja sama yang baik antara Kepolisian dan Kementerian Pertanian, diharapkan Indonesia dapat mencapai swasembada pangan dan meningkatkan produksi dalam negeri.

[Sumber]