Home Info Agribisnis Peternakan Tips-Tips Beternak Ayam Petelur

Tips-Tips Beternak Ayam Petelur

590
0
SHARE
tips bisnis ayam petelur
sumber gambar: cybex.pertanian.go.id

Beternak Ayam Petelur merupakan pemeliharaan ayam yang bertujuan untuk menghasilkan telur. Beternak ayam petelur ini mulai ramai dijadikan bisnis oleh sebagian masyarakat karena harga telur mahal dan sangat mudah dilakukan.

Meski begitu, untuk mulai menjalankan bisnis peternakan ayam petelur diperlukan pengetahuan tentang bisnis ini. Berikut tips-tips beternak ayam petelur yang perlu diperhatikan.

  1. Tentukan Lokasi dan Jenis Kandang

Penentuan lokasi kandang sangat penting untuk beternak agar menghasilkan kualitas telur yang baik. Kandang sebaiknya memiliki lokasi yang jauh dari pemukiman agar bau kotoran dan bisingnya ayam tidak mengganggu warga sekitar.

Selain itu, usahakan kandang ayam terjangkau transportasi agar mudah dalam menjalankan pengawasan, perawatan, dan panen.

Sementara itu, kandang ayam petelur memiliki dua jenis kandang yang memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Pertama kandang umparan, sistem yang meletakan semua ayam dalam satu kandang. Jenis kandang ini membuat ayam bertelur langsung pada lantai dan perlu mengumpulkan telur secara khusus.

Kedua, kandang baterai, kandang ini meletakan satu ayam pada satu kandang sehingga ruang kandang jauh lebih terbatas, namun ayam bisa fokus bertelur.

  1. Pilih Bibit Unggul

Apabila akan memilih ayam petelur sejak anakan, pastikan memilih bibit yang unggul. bibit ayam petelur dua jenis, yaitu ayam ras petelur putih dan ayam petelur coklat.

Ayam ras petelur coklat memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan ayam petelur putih. Namun, keduanya memiliki nutrisi yang sama.

Ciri-ciri anakan untuk bibit yang unggul adalah tubuh yang tertutupi bulu dengan rata dan halus, tidak memiliki cacar, nafsu makan yang baik, ukuran badan normal dengan berat badan yang ideal, dan tidak ada feses atau kotoran pada bagian duburnya.

Hal tersebut agar kualitas telur yang dihasilkan sangat baik.

  1. Pemberian dan Pemilihan Pakan

Pemilihan pakan yang tepat akan membuat ayam lebih sehat dan menghasilkan telur yang baik. Pilih pakan yang memiliki protein, karbohidrat, mineral, kalsium, serta vitamin.

Pemberian pakan pada ayam haruslah tepat, tidak boleh kurang atau berlebih sehingga akan berdampak banyaknya telur yang dihasilkan.

  1. Perawatan Ayam

Dalam beternak ayam, perawatan sangat perlu dilakukan supaya ayam tetap sehat.

Berikan vaksin dan vitamin pada ayam untuk kekebalan tubuh serta bersihkan kandang agar terhindar dari penyakit yang bisa menyebabkan ayam sakit dan mengalami kematian.

  1. Panen

Panen baru bisa dilakukan, apabila ayam sudah berusia 4 bulan. Panen dilakukan setiap hari, namun sebelum dipasarkan pastikan telur telah disortir dan memilih telur yang berkualitas untuk dipasarkan.

Simak Juga:  Mengolah Sarang Burung Walet Menjadi Bisnis Yang Menjanjikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here