Home Data & Statistik Kota atau Kabupaten Berawalan Huruf P: Potret Masyarakat Indonesia

Kota atau Kabupaten Berawalan Huruf P: Potret Masyarakat Indonesia

19
SHARE

Kota atau Kabupaten Berawalan Huruf P – Di antara banyaknya wilayah di kepulauan Indonesia, terdapat tiga daerah yang menyimpan khas tersendiri. Kawasan tersebut dikenal sebagai Pidie, Pontianak dan Palu.

Profil Kota atau Kabupaten Berawalan Huruf P di Indonesia

Dalam rangka menambah khazanah mengenai deretan kabupaten dan kota yang tersebar di penjuru Indonesia dengan awalan huruf, inilah paparan umum tentang daerah Pidie, Pontianak dan Palu.

  1. Pidie

Pidie merupakan kabupaten dengan kepadatan penduduk tertinggi kedua di Provinsi Aceh. Dalam menjalankan pemerintahannya, Pidie dibagi dalam 23 daerah kecamatan dan memusatkannya di kawasan Sigli.

wahana keumala park pidie

Perkembangan demografi penduduk di Kabupaten Pidie berbanding lurus dengan pontensi ekonominya. Hingga saat ini Pidie tercatat memiliki ragam sumber daya ekonomi, mulai dari potensi alam pertanian dan perkebunan, budidaya hewan melalui peternakan, kreatifitas masyarakat dalam industri pangan, dan pemaksimalan daya tarik wisata.

Simak Juga:  Kota Berawalan Huruf S : Nama Kota Indonesia

Batas sebelah utara Kabupaten Pidie adalah Selat Malaka, kemudian sebelah selatan adalah Kabupaten Aceh Barat, lalu sebelah timur adalah Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Pidie Jaya dan dan Kabupaten Bireuen. Kemudian sebelah barat adalah Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Aceh Jaya.

  1. Pontianak

Bukan hanya sebagai ibu kota Kalimantan barat, Kota Pontianak juga dikenal sebagai daerah khatulistiwa. Dengan wilayah seluas 107,82 km2, Pontianak dibagi menjadi tiga daratan oleh Sungai Kapuas Besar, Sungai Landak dan Sungai Kapuas Kecil.

artikel informasi tuggu khatulistiwa kota pontianak

Batas wilayah Pontianak di bagian utara adalah Kecamatan Siantan. Bagian selatan adalah Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Siantan dan Kecamatan Sungai Kakap. Kemudian bagian timur adalah      Kecamatan Sungai Ambawang dan Kecamatan Sungai Raya. Serta bagian barat adalah Kecamatan Sungai Kakap.

Simak Juga:  Kabupaten Berawalan Huruf W : Nama Kabupaten Indonesia

Tiga aspek terbesar yang membangun Kota Pontianak adalah sektor industri, pertanian dan perdagangan.

  1. Palu

Kota Palu tercatat sebagai pusat dari Provinsi Sulawesi Tengah. Keunikan Palu terletak pada demografi daerah 5 dimensinya, sebab dikaruniai gunung, lembah, sungai, teluk dan lautan.

Batas sebelah utara Kota Palu adalah Kabupaten Donggala, kemudian sebelah selatan adalah Kabupaten Sigi, lalu sebelah timur adalah Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Donggala, serta sebelah barat adalah Kabupaten Donggala.

informasi suasana kota palu di malam hari

Sektor pariwisata merupakan salah satu fokus pembangunan di ini, dengan diresmikannya Palu menjadi salah satu kawasan ekonomi khusus Indonesia.

Itulah profil umum dari tiga kota atau kabupaten berawalan huruf P. Semoga informasi kali ini bermanfaat ya.