Home Info Agribisnis Perikanan Keuntungan Dibalik Budidaya Ikan Cupang Saat Pandemi

Keuntungan Dibalik Budidaya Ikan Cupang Saat Pandemi

44
SHARE
informasi lengkap cara budidaya ikan cupang saat pandemi
sumber gambar: dkkp.bulelengkab.go.id

Hobi baru banyak muncul selama pandemi Covid-19 dan banyaknya kebijakan work from home (WFH) yang diterapkan di berbagai daerah selama dua tahun terakhir membuat banyak orang mulai menggeluti hobi mereka salah satunya budidaya ikan cupang. Maraknya Budidaya ikan cupang menjadi salah satu area bisnis potensial yang menggiurkan.

Anda dapat memulai bisnis cupang ini dengan menyiapkan beberapa jenis cupang dengan motif dan warna yang beragam.  Kemudian siapkan pula tempat baik berbentuk botol maupun mini akuarium.

Pada awal kemunculan pandemi Covid-19 hingga saat ini budidaya ikan cupang semakin menjamur. Cupang menjadi peluang bisnis dengan modal kecil dan investasi yang dapat dimulai dari rumah. Terdapat beberapa keuntungan dibalik maraknya budidaya ikan cupang saat pendemi diantaranya:

Peluang Cuan Budidaya Ikan Cupang Saat Pandemi

  1. Cupang Hias Untuk Mempercantik Ruangan

Bagi beberapa kolektor dan pegiat usaha budidaya cupang, ikan cupang memiliki daya tarik untuk membuat ruangan terlihat hidup dengan adanya cupang di sudut ruangan Anda. Ikan cupang memiliki kemampuan untuk hidup dengan baik tanpa harus ditambahkan pasokan udara di dalam akuarium seperti ikan lain.

Ikan Cupang biasanya diletakkan dalam akuarium berukuran kecil atau botol kaca yang disusun berjajar. Cupang tidak bisa hidup bergerombol dengan jenis ikan yang sama dalam satu tempat. Anda perlu memisahkan antara ikan Cupang satu dengan yang lainnya pada wadah terpisah. Cupang memiliki sisi agresifitas saat diletakkan bersama ikan lainnya.

  1. Cupang Mudah dan Murah Pemeliharaanya

Ikan cupang tergolong mudah dan murah dalam pemeliharaannya. Tidak terdapat perlakuan khusus yang diperlukan bagi ikan cupang sendiri. Ikan cupang hanya memerlukan penggantian air dan pemberian pakannya secara rutin.

Ikan cupang sebaiknya dipindahkan pada tempat yang lebih bersih atau dikuras airnya saat mulai terlihat kotor. Rentang harga cupang pun beragam dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Anda dapat memilih rentang harga sesuai target pasar Anda.

  1. Aneka Motif dan Warna Cupang yang Menarik

Ciri khas yang menarik dari jenis ikan cupang ialah motif dan warna cupang yang menarik.  Anda dapat memulai bisnis ikan cupang dengan mengoleksi cupang dari corak motif dan warnanya. Beberapa jenis ikan Cupang yang populer ialah jenis Halfmoon.

Halfmoon memiliki bagian ekor yang lebar seperti bulan yang tampak setengah dan warna yang menarik. Selain itu terdapat ikan cupang jenis Crowntail dengan ekor mahkota dan ikan cupang berekor ganda. Ikan cupang memiliki beragam warna mulai dari warna tubuh hingga ekor.