Home Data & Statistik Kota Berawalan Huruf A : Sejarah Kota Indonesia

Kota Berawalan Huruf A : Sejarah Kota Indonesia

2519
0
SHARE
contoh gambar kota berawalan huruf a

Kota Huruf A : Asal usul dari kabupaten dan kota berawalan huruf A dengan berbagai sejarah yang mengawali pembentukan masing masing daerah.

Huruf A yang menjadi awalan penamaan kabupaten atau kota tidak semua memiliki makna yang menyimpan arti dari sebuah mitos, tapi biasanya juga terjadi karena adanya suatu peristiwa sehingga nama kota yang memiliki huruf A lahir.

KABUPATEN BERAWALAN HURUF “A”

KABUPATEN ACEH JAYA

Kabupaten Aceh Jaya merupakan kabupaten atau kota berawalan huruf A yang berada di wilayah Provinsi Aceh, Indonesia, berdasarkan data statistik, kabupaten Aceh Jaya sendiri merupakan pemekaran dari wilayah Kabupaten Aceh Barat pada tahun 2002 lalu yang memiliki 9 kecamatan dan 172 desa.

Ibukota Aceh Jaya adalah Calang. Aceh Jaya merupakan salah satu Kabupaten yang terdampak bencana gempa bumi dan tsunami 2004 lalu. Wilayah Aceh Jaya cocok untuk berbagai komoditas tani seperti padi, buah-buahan dan sayuran dan perkebunan seperti karet dan kelapa sawit.

KABUPATEN AGAM

Nama kabupaten berawalan huruf “a” dari Agam merupakan buah hasil dari kemerdekaan RI tahun 1945 dimana sebelum Indonesia merdeka saat zaman penjajahan Belanda, kabupaten Agam memiliki nama Luhak Agam lalu diubah menjadi Afdeling Agam.

Simak Juga:  Kota Berawalan Huruf B : Nama Kota Indonesia

Kata Agam dalam bahasa Minang merupakan penunjuk suatu kawasan tetapi dalam bahasa Ibrani artinya adalah danau, kolam, atau rawa-rawa, potensi Kabupaten Agam sendiri adalah dari hasil hutan, perkebunan dan penggunaan lain untuk memproduksi komoditas.

KOTA BERAWALAN HURUF “A”

KOTA AMBON

Penggunaan huruf “a” dalam kota berikutnya adalah Kota Ambon yang memiliki keterkaitan sejarah dengan penjajah Portugis ke Maluku sekitar tahun 1513 silam. Kota Ambon menjadi incaran karena ekonominya yang handal berkat produksi rempah-rempah yang dimiliki. Asal usul Kota Ambon sebagai salah satu kota berawalan huruf “a” adalah dijadikannya Ambon sebagai kota pada tahun 1926.

Kata Ambon sendiri berdasarkan penduduk setempat berasal dari kata ombong atau bentuk lokal dari kata embun, seperti diketahui bahwa puncak gunung di Ambon memiliki kondisi alam yang sering tertutup embun tebal. Namun di era modern ini istilah Ambon lebih sering digunakan kepada para penduduk di Maluku Tengah. (INFORMASI KOTA BERAWALAH HURUF “A”)

Simak Juga:  Kota Berawalan Huruf E: Ragam Wilayah di Indonesia

TABEL NAMA KABUPATEN BERAWALAN HURUF “A”

KODE BPS NAMA KABUPATEN
1107 KABUPATEN ACEH BARAT
1112 KABUPATEN ACEH BARAT DAYA
1108 KABUPATEN ACEH BESAR
1116 KABUPATEN ACEH JAYA
1103 KABUPATEN ACEH SELATAN
1102 KABUPATEN ACEH SINGKIL
1114 KABUPATEN ACEH TAMIANG
1106 KABUPATEN ACEH TENGAH
1104 KABUPATEN ACEH TENGGARA
1105 KABUPATEN ACEH TIMUR
1111 KABUPATEN ACEH UTARA
1307 KABUPATEN AGAM
5307 KABUPATEN ALOR
1208 KABUPATEN ASAHAN
9415 KABUPATEN ASMAT

TABEL NAMA KOTA BERAWALAN HURUF “A”

KODE BPS NAMA KOTA
8171 KOTA AMBON

 

Setelah penamaan kota berawalan huruf A diatas, anda dapat menyimak nama kota berawalan huruf B dengan informasi data wilayah, kode BPS dan sejarah terbentuknya kota dengan awalan huruf B.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here