Home Data & Statistik Kota Berawalan Huruf C: Asal Usul Kota di Indonesia

Kota Berawalan Huruf C: Asal Usul Kota di Indonesia

2157
0
SHARE
kota berawalan huruf c di indonesia

Kota Huruf C: Penamaan kota dengan huruf C banyak didominasi di wilayah Jawa Barat, seperti pada penamaan kota dengan huruf B yang telah dibahas sebelumnya, alfabet C pada nama kota sendiri bisa memiliki kisah dan sejarah masing masing kota/kabupaten.

Setiap nama kota atau kabupaten memiliki nilai histori masing masing yang bisa jadi sebuah tolak ukur perkembangan kemajuan suatu daerah atau asal usul terjadinya suatu kota.

KABUPATEN DENGAN AWALAN HURUF C

  • KABUPATEN CIAMIS

Kota berawalan huruf “c” yang akan dibahas adalah Kabupaten Ciamisyang menurut sejarah dulunya berada di daerah Kawali di sekitar kerajaan Galuh. Galuh sendiri berasal dari kata sakaloh yang memiliki arti sungai asalnya. Pertama kali nama Ciamis dibentuk adalah pada tahun 1915 dimana Kabupaten Galuh diikutsertakan kedalam daerah Keresidenan Priangan yang kemudian Kabupaten Galuh berganti nama menjadi Kabupaten Ciamis.

KOTA DENGAN AWALAN HURUF C

  • KOTA CILEGON

Kota dengan huruf “c” berikutnya adalah Kota Cilegon. Kota ini termasuk baru karena dulunya adalah bagian dari Kabupaten Serang, pada tanggal 20 April 1999 kota Cilegon diubah statusnya menjadi kotamadya hingga pada tahun 2001 berubah statusnya amenjadi Kota. Cilegon sebagai salah satu kota memiliki awalan huruf “c” merupakan kota yang dilintasi jalur strategis seperti jalan negara lintas Jakarta-Merak dan juga terdapat jalur kereta api dengan rute Jakarta-Merak.

courtesy KompasTV

  • KOTA CIREBON

Asal usul kota berawalan huruf “c” Cirebon ada beberapa pendapat, pendapat pertama dulunya Cirebon adalah suatu dukuh kecil yang dibangun oleh seorang bernama Ki Gedheng Tapa, dimana daerah ini terus berkembang dan menjadi sebuah desa sehingga diberi nama Caruban yang berarti dalam bahasa Sunda artinya adalah campuran. Kemudian sejarah kota Cirebon sebagai kota berawalan huruf “c” dalam daftar ini adalah Cirebon berasal dari kata Cai dan Rebon, dimana dalam bahasa Sunda arti dari Cai adalah air dan Rebon adalah udang kecil).

KODE BPSNAMA KABUPATEN
3207KABUPATEN CIAMIS
3203KABUPATEN CIANJUR
3301KABUPATEN CILACAP
3209KABUPATEN CIREBON
KODE BPSNAMA KOTA
3672KOTA CILEGON
3277KOTA CIMAHI
3274KOTA CIREBON

Setelah penamaan kota berawalan huruf C diatas, kita akan mempelajari apa saja kota dengan huruf berawalan D di artikel berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here