Home Bisnis & Wirausaha Tips Untung Dari Bisnis Musiman

Tips Untung Dari Bisnis Musiman

217
0
SHARE

Bisnis musiman menjadi sebuah kesempatan tersendiri bagi banyak orang untuk dapat menghasilkan keuntungan besar dalam waktu singkat, ataupun untuk seorang yang ingin belajar berwirausaha kecil-kecilan.

Kenapa Harus Bisnis Musiman?

Bisnis musiman jika dipersiapkan dengan matang hanya memiliki resiko yang kecil, karena modal yang perlu dipersiapkan biasanya tidak terlalu bear.

Bisnis musiman dapat menghasilkan keuntungan yang cepat karena dilakukan di waktu yang sangat singkat dan pada momen-momen yang tepat saja. Sehingga, kita akan menjual sebuah barang atau jasa yang dibutuhkan pada waktu yang pas.

Sebagai contoh, pada saat akan datang hari lebaran, tentu barang yang akan laku dipasaran adalah jajanan mulai dari Kue, Coklat, maupun makanan ringan lain. Lalu, pada saat puasa, maka jualan takjil ataupun makanan untuk berbuka puasa menjadi kesempatan emas.

Namun, bukan berarti usaha musiman tidak memiliki resiko sama sekali. Namanya bisnis, tentu saja memiliki segudang resiko yang bisa diprediksi maupun yang tidak, dan kita sebagai pebisnis haruslah sadar dan mampu untuk mengantisipasi segala kemungkinan terburuk.

Namun, ada beberapa cara untuk meminimalisir resiko bisnis musiman dengan beberapa tips berikut :

  • Cari Tahu

Jangan malas untuk mencari tahu tentang sebuah konsep sederhana untuk bisnis musiman. Banyak sekali referensi-referensi dari dunia internet yang bisa anda adopsi untuk bisnis musiman anda.

  • Sesuatu Yang Menarik dan Belum Pernah Ada di Wilayah Anda

Untuk bisnis musiman dan juga bisnis lain, kita harus benar-benar menjual sesuatu yang menarik dan kalau bisa belum pernah ada di wilayah anda. Keunikan tersebut bisa menghasilkan rasa penasaran, dan akan mendatangkan konsumen yang melimpah.

  • Persiapkan Jauh-Jauh Hari

Persiapan untuk melakukan bisnis musiman tidak dapat dilakukan secara instan. Kita perlu mencari ide yang unik dan menarik, mempersiapkan segala kebutuhan, mempersiapkan dana, dan lain sebagainya. Sebelum momen tertentu datang, sebaiknya persiapkan diri secara matang 1 hingga 2 bulan sebelum momen tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here